Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Negara Kedua Paling Banyak "Googling" soal Puasa dan Idul Fitri, Negara Mana yang Pertama?

Kompas.com - Diperbarui 16/03/2024, 07:24 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Antusias masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri cukup tinggi, bahkan dibanding negara lain di dunia. Hal tersebut terlihat dari penelusuran topik Puasa dan Idul Fitri di Google Trends.

Google Trends adalah situs yang menampilkan statistik seputar topik pencarian yang populer di Search pada kurun waktu tertentu. Statistiknya bisa ditampilkan berdasarkan wilayah, bisa pula dibandingkan antar wilayah atau negara di dunia.

Menurut data Google Trends, Indonesia menempati peringkat kedua teratas di dunia yang paling sering "googling" alias menelusuri topik Puasa dan Idul Fitri di mesin pencarian Google.

"Kata kunci Puasa dan Idul Fitri membawa Indonesia menjadi negara kedua teratas di seluruh dunia dengan pencarian terbanyak untuk kedua kata kunci itu," tutur Feliciana Wienathan Communications Manager, Google Indonesia dalam konferensi pers #IniRamadhanKita di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: 4 Fitur Pendukung Ramadhan di Layanan Google, Cari Kiblat Salah Satunya

Untuk topik Puasa, Indonesia menempati peringkat kedua teratas di dunia yang paling sering menelusuri topik tersebut di Google Search. Indonesia membuntuti Romania, sebagai negara teratas yang paling getol mencari topik puasa di Search.

Adapun daerah yang paling banyak menelusuri topik puasa di Indonesia, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Beberapa topik lain yang relevan dengan puasa dan juga dicari masyarakat Indonesia lewat Search yaitu "Tanggal berapa? (puasa)" hingga "sidang isbat 2023".

Selain Puasa, Idul Fitri juga jadi topik yang banyak dicari masyakarat Indonesia. Indonesia menempati peringkat kedua teratas yang paling sering menelusur topik Idul Fitri dalam setahun terakhir lewat Google Search. Peringkat pertama yang paling banyak "googling" topik tersebut adalah Uni Emirat Arab.

Pencarian topik Idul Fitri di Indonesia terjadi pada 16-22 April 2023 atau jelang lebaran tiba. Sebab, Idul Fitri pada tahun tersebut ditetapkan pemerintah per 22 April 2023.

Lima daerah teratas yang menelusur topik Idul Fitri di Indonesia dalam setahun terakhir yaitu Lampung, Jawa Tengah, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

Adapun topik terkait Idul Fitri yang banyak dicari meliputi Takbir Idul Fitri hingga twibon Idul Fitri 2023.

Perlu dicatat bahwa data diatas didasarkan pada data Google Trends setahun terakhir, tepatnya akhir Febaruari 2023 - Februari 2024.

Baca juga: XL Axiata Rilis Paket Internet Khusus Ramadhan, Kuota 2 GB Harga Rp 3.000

Kata kunci yang paling banyak dicari jelang Ramadhan

Dalam kesempatan yang sama, Google juga mengumumkan daftar kata kunci yang banyak dicari masyarakat Indonesia di Search jelang Ramadhan 2024. Daftar ini juga dihimpun pihak Google dari Trends.

Menurut data Google Trends, setidaknya ada delapan kata kunci yang paling banyak dicari orang Indonesia jelang bulan puasa. Beberapa di antaranya yaitu soal Doa Puasa Ramadhan, Niat Puasa, Baju Lebaran dan lain-lain. Berikut daftarnya.

Kata kunci yang paling banyak dicari

  1. Ceramah singkat Ramadhan dan judulnya
  2. Puncak arus mudik 2023
  3. Doa puasa ramadan
  4. Baju lebaran
  5. Niat puasa ramadhan
  6. Resep buat buka puasa dan sahur
  7. Jam buka puasa
  8. Poster ramadhan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com