Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fitur Pendukung Ramadhan di Layanan Google, Cari Kiblat Salah Satunya

Kompas.com - 15/03/2024, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google mengumumkan sejumlah fitur yang bisa dipakai pengguna selama bulan Ramadhan. Fitur-fitur itu tersedia di berbagai aplikasi atau layanan milik Google, termasuk Maps, Search, hingga Lens.

Menurut pihak Google, masyarakat di Indonesia kini kian bersemangat menelusuri informasi soal puasa hingga lebaran. Untuk itu, bermacam fitur terkait Ramadhan kembali dihadirkan di sejumlah layanan Google.

"Masyarakat makin semangat untuk mencari inspirasi dan informasi seputar puasa, lebaran, Ramadhan. Maka dari itu, Google kembali menghadirkan beberapa fitur yang khas untuk Ramadhan sesuai dengan keberagaman minat tersebut," kata Feliciana Wienathan Communications Manager, Google Indonesia dalam konferensi pers #IniRamadhanKita di Jakarta, Kamis (15/3/2024).

Baca juga: Google Play Store Bisa Download Dua Aplikasi Android Bersamaan

Secara umum fitur-fitur itu juga dirilis Google saat Ramadhan di Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya. Meski konsepnya sama, fitur itu bisa dipakai untuk mempermudah pengguna menjalani aktivitas selama Ramadhan tahun ini.

Google Search

Google menambahkan pengalaman khusus bagi pengguna Search selama Ramadhan tahun ini. Misalnya, untuk mencari hidangan berbuka atau sahur lewat Search dengan kata kunci resep, diikuti nama hidangan dan kata Ramadhan. Google Search akan menampilkan aneka resep terkait, dengan menonjolkan gambar hidangannya langsung.

Hasil penelusurannya akan terlihat berbeda dengan penelusuran biasa, karena tidak begitu menonjolkan foto dan menampilkan hasil pencarian yang lebih umum.

Tampilan hasil penelusuran resep masakan di Google Search dengan tambahan keyword RamadhanKompas.com/Lely Maulida Tampilan hasil penelusuran resep masakan di Google Search dengan tambahan keyword Ramadhan

Untuk mendapatkan pengalaman itu, perlu dicatat bahwa pengguna harus menambahkan kata "Ramadhan" pada setiap kata kunci yang ingin ditelusuri.

Pengguna juga bisa mencari arah kiblat lewat Google Search, misalnya saat sedang di perjalanan atau di lokasi tertentu. Untuk menelusuri arah kiblat di Search, pengguna bisa memasukkan kata kunci "Qibla Finder" di Search.

Baca juga: 5 Link Al Quran Online yang Bisa Dipakai buat Mengaji Selama Ramadhan 2024

Qibla Finder adalah aplikasi berbasis web yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) yang bisa menunjukkan arah kiblat di mana pun pengguna berada.

Tampilan Qibla Finder yang ditelusur lewat Google SearchKompas.com/Lely Maulida Tampilan Qibla Finder yang ditelusur lewat Google Search

Google Play Store

Google mengkurasi aplikasi hingga game pilihan yang dinilai cocok dipakai pengguna selama bulan Ramadhan. Rekomendasi aplikasinya terbilang lengkap, mulai dari aplikasi resep untuk menyiapkan hidangan buka puasa, aplikasi doa atau terkait ibadah lainnya, serta game hingga aplikasi video dan streaming film yang bisa dipakai pengguna sembari ngabuburit.

Banner Ramadhan with Play di aplikasi Play StoreKompas.com/Lely Maulida Banner Ramadhan with Play di aplikasi Play Store

Rangkaian aplikasi dan game yang sudah dikurasi bisa dilihat dengan mengklik banner "Ramadhan with Play" di Google Play. Banner itu tersedia bersama beberapa banner lain di tampilan paling atas toko aplikasi Google.

Pengguna juga bisa mengakses tautan ini untuk melihat rekomendasi aplikasi, game dan penawaran lainnya di Play Store selama Ramadhan.

Baca juga: 7 Aplikasi Doa Sehari-hari untuk Bulan Ramadhan untuk HP Android dan iPhone

Sebab, pantauan KompasTekno, saat berita ini ditayangkan, banner itu belum muncul di aplikasi Play Store semua pengguna.

Google Lens

Google Lens juga ikut meramaikan Ramadhan tahun ini. Dengan layanan ini, pengguna bisa mengarahkan kamera Lens ke benda yang menarik perhatian atau menginspirasi. Misalnya ketika melihat pakaian yang dipakai seseorang dan dinilai bagus serta cocok untuk lebaran.

Tampilan aplikasi Google Lens ketika dipakai untuk memotret pernak pernik RamadhanGoogle Tampilan aplikasi Google Lens ketika dipakai untuk memotret pernak pernik Ramadhan

Pengguna bisa mengarahkan kamera ke pakaian tersebut, sehingga Google akan menampilkan berbagai hasil yang terkait dengan foto tadi. Dari situ, pengguna bisa mendapat bermacam informasi yang relevan seputar pakaian tadi. Misalnya soal merek, harga, pakaian yang serupa dan lain sebagainya.

Google Maps

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi navigasi andalan pengguna, khususnya ketika mudik atau menuju ke lokasi tertentu. Untuk itu, Google kembali menghadirkan pengalaman khusus Ramadhan di Maps.

Lewat Maps, pengguna akan mendapat informasi seputar titik lokasi fasilitas temporer maupun permanen, seperti masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, bengkel kendaraan, tempat pengisian bahan bakar listrik (EV charging stations), harga tol dan lain sebagainya.

Jelang masa mudik lebaran nanti, Google Maps juga akan menampilkan informasi seputar rekayasa lalu lintas. Misalnya ketika sebuah rute ditutup atau dialihkan ke jalur lain, dan sebagainya.

Saat ini, informasi rekayasa lalu lintas memang belum tersedia. Sebab, menurut Feliciana, informasi itu baru akan muncul jelang masa mudik yang biasanya dimulai sekitar seminggu sebelum Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com