Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Play Store Bisa Download Dua Aplikasi Android Bersamaan

Kompas.com - 11/03/2024, 08:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna smartphone Android saat ini hanya bisa mengunduh (download) maksimal satu aplikasi saja dalam satu proses di Google Play Store.

Ketika akan men-download lebih dari satu aplikasi, proses download tersebut biasanya dilakukan bergantian. Ketika satu aplikasi selesai di-download maka aplikasi lain baru kemudian diproses.

Nah, kini Google Play Store akan bisa mengunduh lebih dari satu aplikasi dalam satu proses secara bersamaan.

Setidaknya begitu menurut informasi yang dibagikan oleh blog yang biasa mengulas informasi seputar sistem operasi (OS) Android, yaitu TheSpAndroid.

Dalam penelusuran terbarunya, mereka "membongkar" dan mengotak-atik apa saja yang ada di pembaruan Google Play Store versi 40.0.13.

Baca juga: Google Permudah Hapus Data dan Akun Aplikasi di Play Store

Di versi ini, ternyata mereka bisa melakukan download dua aplikasi secara bersamaan, bukan bergantian.

Meski demikian, fitur yang konon bernama "Parallel Download" ini tampaknya baru bisa mendukung pengunduhan dua aplikasi secara bersamaan saja, tidak lebih.

Namun, menurut TheSpAndroid ada kemungkinan di kemudian hari pengguna Android akan bisa mengunduh lebih dari dua aplikasi secara bersamaan dari Google Play Store. 

Ilustrasi Google Play Store yang bisa digunakan untuk mengunduh dua aplikasi secara bersamaan.AndroidCentral Ilustrasi Google Play Store yang bisa digunakan untuk mengunduh dua aplikasi secara bersamaan.

Selain itu, fitur ini juga hanya berlaku bagi aplikasi yang baru di-download saja, bukan untuk memperbarui (update) aplikasi.

Dengan kata lain, pengguna masih hanya akan bisa meng-update aplikasi mereka di Google Play Store satu persatu secara bergantian, bukan bersamaan.

Belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan secara resmi oleh Google. Ada kemungkinan fitur tersebut saat ini tengah diuji coba oleh Google, sebelum nantinya digunakan khalayak secara global.

Namun yang jelas, kehadiran fitur ini sudah terendus sekitar empat tahun lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidCentral, Senin (11/3/2024).

Baca juga: Google Akhirnya Mau Bayar Rp 10 Triliun dan Rombak Play Store

Kala itu, seorang pengguna Reddit mengaku bahwa ia bisa mengunduh tiga aplikasi secara bersamaan dalam satu proses pengunduhan di Play Store.

Boleh jadi, pengguna tersebut merupakan pengguna yang dipilih Google untuk menguji coba fitur Parallel Download.

Sebab, fitur ini tak kunjung diresmikan Google, bahkan hingga sekitar empat tahun setelah keberadaannya diketahui. Kita nantikan saja kapan fitur ini akan resmi bisa dipakai oleh pengguna Android secara umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com