Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Galaxy Z Fold 6 FE, Ponsel Lipat Murah Samsung

Kompas.com - 19/03/2024, 08:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Samsung diyakini sedang merancang smartphone lipat baru, diduga disebut Galaxy Z Fold 6 sebagai suksesor dari Galaxy Z Fold 5 yang rilis tahun lalu.

Menariknya, Samsung dikabarkan bakal meluncurkan dua model Galaxy Z Fold 6. Model pertama adalah model reguler seperti sebelumnya, sedangkan model lainnya yaitu Galaxy Z Fold 6 Fans Edition (FE).

Seperti model FE lainnya, Galaxy Z Fold 6 FE dirancang sebagai ponsel alternatif dari model reguler, dengan spesifikasi yang lebih ringan dan harga yang lebih terjangkau.

Menurut situs teknologi Korea Selatan ETNews, Galaxy Z Fold 6 FE kemungkinan tidak dilengkapi dengan slot stylus S Pen. Berbeda dari model reguler yang diyakini masih mempertahankan pena digital tersebut.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 5 Belum Rilis, Bocoran Z Fold 6 Sudah Beredar

Absennya S Pen juga dipercaya menjadi cara Samsung memangkas harga smartphone lipatnya menjadi lebih terjangkau lewat model FE. Pasalnya, beberapa vendor smartphone China juga sudah menelurkan smartphone lipat murah.

Selain itu, Samsung juga bisa memperluas segmentasi pengguna di pasar smartphone lipat, sekaligus bersiap menghadapi kompetisi dari Apple ketika ikut meramaikan pasar ponsel lipat nanti.

Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa terdapat model Galaxy Z Fold 6 Ultra, dilansir KompasTekno dari Gizchina, Selasa (19/3/2024). Namun bocoran soal Galaxy Z Fold 6 FE tampaknya lebih masuk akal ketimbang model Ultra, karena harga Ultra kemungkinan lebih tinggi lagi dari versi reguler.

Sayangnya RTNews tidak membagikan bocoran spesifikasi Galaxy Z Fold 6 FE. Informasi soal model FE juga masih cukup minim.

Kendati begitu, rumor soal Galaxy Z Fold 6 yang hadir tanpa slot S Pen sudah menyeruak di internet. Selain tidak dilengkapi slot S Pen, perangkat ini juga diyakini punya ketebalan yang lebih ramping dari Galaxy Z Fold 5.

Ketebalannya diklaim hanya 11 mm ketika terlipat. Sebagai pembanding, Galaxy Z Fold 5 punya ketebalan 13,4 mm ketika dilipat.

Baca juga: Samsung Z Fold 5 Diuji 3 Game Berat: Rata Kanan Lancar, Adem, dan Tablet Lewat

Smartphone ini diklaim sebagai Galaxy Z Fold 6. Apakah desain ini sebenarnya ditujukan untuk Galaxy Z Fold FE? Kita nantikan saja.

Menurut pembocor gadget (tipster) dengan handle akun X @chunvn8888, Galaxy Z Fold 6 akan lebih lebar dengan bingkai layar yang lebih menyiku seperti Galaxy S24 Ultra.

Tipster ini pun membagikan bocoran spesifikasi lainnya termasuk soal absennya slot untuk S Pen. Namun ia tidak menjelaskan mengapa slot pena digital itu dihapus dari ponsel.

Soal spesifikasi teknisnya, Samsung Galaxy Z Fold 6 konon bakal ditenagai Sytem on Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 3. Smartphone ini juga akan dibekali tiga kamera, tetapi konfigurasi kameranya belum diketahui.

Ada kemungkinan resolusi kameranya mencakup kamera utama 200 MP disertai fitur stabilisasi gambar OIS. Bila benar, maka resolusi kamera ponsel ini lipat ini meningkat pesat dari pendahulunya 50 MP.

Tipster @chunvn8888 juga mengatakan bahwa smartphone lipat ini akan dilengkpai baterai berkapasitas 4.600 mAh.

Bocoran lainnya yaitu bahwa Galaxy Z Fold 6 akan dibalut dengan material titanium dan hadir dalam tiga opsi warna. Namun opsi warnanya belum dibeberkan.

Smartphone lipat ini disebut bakal rilis pada acara Unpacked berikutnya yang ditaksir berlangsung Juli 2024 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com