Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation 5 Pro Rilis Akhir Tahun Ini?

Kompas.com - 18/03/2024, 18:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony dilaporkan akan merilis konsol PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) pada musim liburan 2024, yang jatuh sekitar bulan November hingga Desember 2024.

Tanggal rilis ini bersifat tentatif, dan bisa saja diganti mengingat sedikitnya game eksklusif (first-party) yang dirilis di PS5 pada tahun ini.

Adapun informasi ini berasal dari dokumen yang dibagikan oleh kanal YouTube teknologi bernama Moore's Law is Dead.

Kemudian, situs berita game Insider Gaming mengonfirmasi bocoran tersebut, dan menyebutkan bahwa sumbernya berasal dari portal developer PlayStation. Dokumen tersebut diklaim dikirimkan pekan lalu kepada beragam developer pihak ketiga PlayStation.

Baca juga: PS5 Slim Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Link dan Daftar Toko yang Menjual

Selain bocoran tanggal rilis PS5 Pro, dokumen tersebut juga membocorkan sejumlah spesifikasi PS5 Pro.

Konsol dengan kode nama "Trinity" ini konon akan memiliki kemampuan rendering yang 45 lebih persen lebih cepat ketimbang PS5 versi "reguler".

PS5 Pro juga disebut memiliki ray tracing yang lebih cepat 2-3 kali ketimbang PS5. Kecepatan ray tracing ini juga dikatakan bisa 4 kali lebih cepat dalam beberapa kasus, tetapi tidak dijelaskan seperti apa kasus yang dimaksud.

Bagi yang belum familier, ray tracing itu sendiri merupakan teknik rendering tiga dimensi (3D), yang mampu memvisualisasikan refleksi cahaya dan efek sinematik secara real time di dalam game.

Tampilan game seperti pantulan cahaya matahari bakal tampil lebih memukau.

Selanjutnya, "saudara" dari PS5 "reguler" dan versi "Slim" ini bakal memiliki daya komputasi sebesar 33,5 Teraflops, meningkat dari 10,28 Teraflops di PS5 "reguler".

Makin tinggi daya komputasi, makin banyak kalkulasi yang bisa dilakukan unit pengolah grafis (GPU), sehingga secara teori performa konsol menjadi lebih baik.

PS5 Pro juga rumornya akan memiliki solusi upscaling atau antialiasing berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang diberi nama PlayStation Spectral Super Resolution Upscaling (PSSR).

Baca juga: Bocoran PS5 Pro dari Spesifikasi, Harga, hingga Jadwal Peluncuran

Solusi ini disebut mirip seperti Deep Learning Super Sampling (DLSS) milik Nvidia dan Xe Super Sampling (XeSS) milik Intel, yang sama-sama berguna untuk meningkatkan performa gaming.

Bocoran spesifikasi PS5 Pro lainnya juga mencakup dukungan resolusi hingga 8K, arsitektur pembelajaran mesin (machine learning/ML) yang bisa diatur sesuai keinginan, dan akselerator AI yang mendukung komputasi 8 bit hingga 300 TOPS.

Bandwidth memori makin ngebut

Di luar dokumen itu, Insider Gaming membocorkan lebih banyak spesifikasi PS5 Pro. Salah satunya menyangkut memori PS5 Pro, yang disebut lebih efisien sekitar 28 persen dibanding PS5 versi "reguler".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com