Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Samsung Galaxy S24 Ultra Cocok Jadi HP Andalan "Concert Goers"

Kompas.com - 16/03/2024, 18:06 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2024 ini, Samsung S24 Ultra layak dinobatkan sebagai "HP konser". Kesimpulan ini kami dapat setelah membawa Samsung S24 Ultra ke tiga konser bersakala stadium, yakni konser Coldplay di National Stadium Singapura, konser Ed Sheeran di Jakarta Internasional Stadium (JIS), dan konser Taylor Swift di National Stadium Singapura.

Berkat Samsung S24 Ultra, kami bisa merekam fancam (rekaman dari penggemar) dan mengabadikan foto dari Chrismartin Cs, Ed Sheeran, dan Taylor Swift dengan epik, meski duduk di tribun yang notabene jauh dari panggung utama.

HP ini juga menjadi idaman untuk concert goers alias penggemar konser seperti kami karena dilengkapi berbagai fitur foto/video yang lengkap, baterai yang awet, dan kapasitas penyimpanan yang besar.

Setelah tiga kali konser membawa Samsung S24 Ultra, menurut KompasTekno, setidaknya ada enam alasan Samsung Galaxy S24 Ultra cocok jadi HP idaman sekaligus andalan para concert goers untuk tahun ini.

Baca juga: Rekam Konser Taylor Swift Pakai Samsung Galaxy S24 Ultra, Zoom Mulus Hasil Bagus

1. Punya Kamera 200 MP

Ilustras Samsung S24 Ultra digunakan untuk merekam fancam Taylor Swift pada 7 Maret 2024.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustras Samsung S24 Ultra digunakan untuk merekam fancam Taylor Swift pada 7 Maret 2024.
Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki kamera utama beresolusi tinggi, yakni 200 MP (f/1.7, OIS). Sepengalaman KompasTekno, secara umum, hasil jepretan/video kamera 200 MP S24 Ultra ini bagus, detail, dan tajam alias HD di segala kondisi cahaya.

Untuk menggunakan kamera 200 MP Galaxy S24 Ultra, kami tinggal membuka aplikasi kamera. Nanti, aplikasi kamera secara default akan menyetel opsi foto dengan zoom 1x (kamera 200 MP).

Pengguna tinggal mengarahkan kamera ke penyanyi yang sedang tampil di atas panggung, lalu menekan tombol shutter.

Kamera 200 MP ini juga dibekali fitur autofokus dan OIS (peredam goyangan). Jika dibandingkan dengan Galaxy S23 Ultra, fitur autofokus dan OIS Samsung S24 Ultra jauh lebih baik. Pengguna bisa merekam penyanyi yang sedang bergerak dengan lebih smooth dan fokus.

2. Kamera zoom terbaik 

Kompilasi hasil jepretan Samsung Galaxy S24 Ultra kamera ultrawide 12 MP (paling kiri), zoom 10x (tengah), zoom 30x. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kompilasi hasil jepretan Samsung Galaxy S24 Ultra kamera ultrawide 12 MP (paling kiri), zoom 10x (tengah), zoom 30x.
Samsung S24 Ultra dibekali dua kamera telefoto. Dengan ini, pengguna bisa mengambil foto/video fancam jarak jauh dengan zoom optis/natif. Dengan kamera telefoto, hasil foto/video jauh lebih bagus dibandingkan menggunakan zoom digital.

Kedua kamera telefoto Samsung S24 Ultra meliputi kamera telefoto 10 MP (f/2.4, OIS, zoom optis 3x) dan kamera telefoto baru beresolusi 50 MP (f/3.4, OIS, zoom optis 5x).

Kamera 50 MP zoom optis 5x tersebut menggantikan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (f/4.9) yang sebelumnya rutin hadir di Galaxy S23 Ultra, S22 Ultra, dan S21 Ultra.

Samsung S24 Ultra tetap memiliki zoom 10x, tapi kini hadir dalam bentuk zoom digital. 

Di atas kertas, kemampuan zoom optis S24 Ultra memang dipangkas, dari 10x (S23 Ultra) ke zoom 5x. Meski angka zoom natif turun, menurut kami, ada satu kelebihan yang dibawa zoom digital 10x di Galaxy S24 Ultra, yakni kameranya kini menjadi lebih terang dan tetap tajam.

Hal itu dimungkinkan karena zoom 10x Samsung S24 Ultra kini merupakan hasil crop dari kamera telefoto 50 MP zoom optis 5x (f/3.4) yang baru.

Jadi, bukaan kamera untuk zoom 10x sama besar dengan zoom 5x. Dengan ini, kami bisa merekam fancam Taylor Swift dengan kualitas yang sama terang dan tajamnya, meski di zoom hingga 10x.

Baca juga: Kepoin Harga Gitar Ed Sheeran Saat Konser di Jakarta Pakai Fitur HP Samsung Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com