Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pastikan Galaxy AI Hadir di Z Fold 5 dan Z Flip 5

Kompas.com - 24/03/2024, 10:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan bahwa teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Galaxy AI segera hadir di ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Samsung Galaxy Z Flip 5.

Sebelumnya, Galaxy AI secara perdana hadir di trio ponsel flagship Samsung S24. Kemudian, fitur kecerdasan buatan tersebut dikonfirmasi bakal hadir juga di Samsung S23 series, Samsung Tab S9, dan kedua ponsel lipat yang sudah disebutkan sebelumnya.

Bagi yang belum familier, Galaxy AI adalah sistem kecerdasan buatan dalam perangkat (on-device) dan cloud, yang mampu menenagai berbagai fitur unik misalnya merangkum teks dan mengubah rekaman suara menjadi teks.

Baca juga: Fitur Galaxy AI Disebar ke Lebih Banyak HP Samsung Bulan Depan

Dengan fitur-fitur ini, aktivitas sehari-hari pengguna menjadi dipermudah, misalnya untuk keperluan meeting online.

"Ini akan memberikan cara baru bagi pengguna mengoptimalkan smartphone mereka. Dengan fitur AI yang terintegrasi dalam perangkat foldable ini, kemudahan dan inovasi bertemu dalam genggaman pengguna," kata Selvia Gofar selaku Head of MX Product Marketing and Partnership, Samsung Electronics Indonesia.

Menyoal fitur, Galaxy AI di Samsung Z Fold 5 mendukung Note Assist yang mampu merapikan tulisan tangan pengguna, saat membuat catatan meeting dengan pena digital (stylus) S Pen. Kemudian, tulisan tangan ini bisa diubah menjadi teks di smartphone.

Fitur Note Assist Galaxy AI.Samsung Fitur Note Assist Galaxy AI.
Selain mencatat, pengguna bisa memanfaatkan fitur Transcript Assist untuk "menyulap" rekaman suara menjadi teks. Kedua fitur AI di atas bisa lebih dioptimalkan untuk meringkas catatan, dan menerjemahkannya ke bahasa lain dalam hitungan detik.

Selanjutnya, terdapat pula fitur Browsing Assist yang mampu merangkum sumber materi meeting atau presentasi. Teks ini nantinya juga bisa diterjemahkan.

Galaxy AI juga mendukung fitur Circle to Search with Google. Dengan fitur ini, pengguna bisa mencari nama gedung/landmark hingga baju outfit of the day (OOTD) artis terkenal, dari sebuah gambar secara instan.

Penggunaan fitur Circle to Search di Samsung S24Kompas.com/soffyaranti Penggunaan fitur Circle to Search di Samsung S24
Dalam hitungan detik, nama brand, produk, lokasi pembelian, dan informasi lainnya bakal muncul di layar smartphone pengguna, sebagaimana dikutip KompasTekno dari keterangan resmi yang diterima, Jumat (22/3/2024).

Baca juga: Edit Foto di Galaxy AI Samsung S24 Series Diproses Online, Amankah?

Di luar sejumlah fitur yang sudah disebutkan sebelumnya, Galaxy AI turut mendukung fitur Live Translate, Interpreter, dan Chat Assist.

Live Translate adalah penerjemah suara dan teks dua arah real-time pada panggilan telepon konvensional. Di sisi lain, Interpreter merupakan fitur AI yang memungkinkan dua orang melakukan percakapan langsung dalam dua bahasa yang berbeda.

Lalu, ada fitur AI Chat Assist yang bisa menawarkan terjemahan, rekomendasi gaya bahasa, hingga perbaikan ejaan dan tata bahasa pada teks di Google Message, WhatsApp, serta e-mail. Fitur ini tersedia melalui Samsung Keyboard bawaan.

Menurut pengumuman Samsung yang terpisah, Galaxy AI akan tersedia melalui pembaruan antarmuka (UI) One UI 6.1. Pembaruan (update) ini bisa dilakukan dengan membuka menu "Settings" > "Software Update" > "Download and install".

Hadirkan promo terbatas

Untuk menyambut kehadiran Galaxy AI di kedua ponsel lipatnya, Samsung memberikan berbagai promo untuk setiap pembelian Samsung Z Fold 5 dan Samsung Z Flip 5. Promo ini berlaku dari 22 Maret 2024 hingga 5 April 2024 di situs resmi Samsung Indonesia.

Samsung Galaxy Z Flip 5 bisa dipinang dengan harga mulai Rp 15,9 juta (storage 256 GB), sedangkan Samsung Galaxy Z Fold 5 dapat dibeli seharga Rp 24,4 juta (storage 256 GB).

Selama promosi berjalan, pengguna berhak mendapatkan cashback hingga Rp 3 juta, layanan Samsung Care Plus selama 1 tahun, langganan YouTube Premium selama 4 bulan, Adobe Lightroom/Express selama 2 bulan, hingga OneDrive Microsoft 365 sebesar 100 GB selama 6 bulan.

Pengguna bisa mempelajari spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5 lewat artikel "Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Fold 5 di Indonesia", sedangkan spesifikasi Samsung Z Flip 5 dapat dipelajari lewat artikel "Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 di Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com