Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Galaxy AI di S24 Series, Samsung Ingin Tingkatkan Pengalaman dan Privasi Pengguna

Kompas.com - 22/01/2024, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2024 ini menjadi momentum kelahiran Galaxy AI, serangkaian teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bikinan Samsung untuk smartphone.

Galaxy AI debut di lini ponsel flagship Galaxy S24 series. Adapun fitur Galaxy AI yang hadir meliputi Live Translate, Note Assist, Circle to Search, Interpreter, hingga Generative Edit untuk foto.

Samsung menjadi perusahaan pertama yang benar-benar meng-highlight teknologi AI di smartphone-nya. Dengan ini, Samsung juga menciptakan set standar baru untuk smartphone flagship dengan Galaxy AI.

Hal itu dikarenakan, Galaxy AI hadir dengan dua prinsip utama, yaitu meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dan mengedepankan privasi pengguna.

Baca juga: Galaxy AI di Samsung S24 Dipastikan Dukung Bahasa Indonesia

"Ketika kami mendesain Galaxy AI, user experience menjadi hal paling penting untuk dipertimbangkan, baik dari segi hardware, software, dan servis," kata Executive Vice President (EVP), Head of AI Team, Mobile eXperience Business, Samsung Electronics, YJ Kim saat sesi "AI Technology Roundtable" di Samsung Research America, Mountain View, California, bersama Jurnalis Kompas.com, Galuh Putri Riyanto dan beberapa awak media lain.

Executive Vice President (EVP), Head of AI Team, Mobile eXpereince Business, Samsung Electronics, YJ Kim buka-bukaan soal Galaxy AI di Samsung S24 series.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Executive Vice President (EVP), Head of AI Team, Mobile eXpereince Business, Samsung Electronics, YJ Kim buka-bukaan soal Galaxy AI di Samsung S24 series.
Samsung ingin Galaxy AI bisa memberikan manfaat lebih dan meningkatkan pengalaman penggunaan ponsel Samsung Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra.

YJ Kim mengungkapkan, dalam aspek meningkatkan user experience, Galaxy AI fokus menambah nilai pada aspek produktivitas, komunikasi, dan kreasi. Ketiganya merupakan faktor utama dalam aspek pengalaman pengguna karena paling sering dimanfaatkan ketika menggunakan smartphone.

"Kami ingin membuat pengalaman keseharian pengguna yang sebelumnya 'basic/standar', menjadi lebih canggih dengan fungsionalitas tinggi," kata YJ Kim.

Baca juga: 7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

Dari segi produktivitas, Samsung Galaxy AI membawa fitur Note AI dan Circle to Search.

Fitur AI Note Assist ini bisa membuat ringkasan, terjemahan, dan memperbaiki ejaan pada catatan di aplikasi Samsung Notes. Ada juga opsi "Auto format" di mana Galaxy AI akan mengubah format catatan pengguna menjadi bentuk poin-poin atau format notulen meeting.

Dengan Note Assist, pengguna bisa menghemat waktu merapikan isi catatannya bahkan menerjemahkan dan mendapatkan ringkasannya.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Circle to Search untuk mencari beragam hal berdasarkan input visual (foto/video) dengan instan dari galeri ponsel, platform media sosial, dan lainnya.

Pengguna hanya perlu menekan tombol home/beranda selama beberapa waktu untuk mengaktifkan Galaxy AI. Kemudian, pengguna tinggal melingkari, menggaris-bawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Galaxy S24 Series.

@kompastekno Galaxy AI is here! here are 7 AI feature to level up user experience, productivity, and creativity. #samsungunpacked #samsungs24 #s24ultra #android #quickshare ? KPOP idol style / BLACKPINK style(1294476) - Burning Man

Untuk kreasi, Samsung Galaxy AI menawarkan, salah satunya fitur Generative Edit. Dengan Generative Edit Galaxy AI, pengguna Galaxy S24 series bisa menyelamatkan foto jadi yang dianggap kurang aesthetic karena angle tak pas, posisi subjek tak pas, hingga objek yang mengganggu.

Untuk menyesuaikan angle, pengguna biasanya memutar, menggeser foto agar angle pas. Namun, masalahnya, kadang, ada latar belakang foto yang mau tak mau terpotong. Di sinilah peran Generative edit, fitur ini bisa mengisi "kekosongan" di latar belakang dengan AI generatif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com