Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Character AI di HP buat Chat dengan Berbagai Karakter

Kompas.com - 24/03/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Ada beberapa program AI (Artificial Intelligence) yang cukup menghibur dan menarik buat dicoba. Salah satunya seperti Character AI. Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik buat mengetahui cara menggunakan Character AI.

Character AI memungkinkan pengguna untuk bercakap atau chat dengan berbagai karakter. Saat ini, Character AI bisa diakses di HP. Lantas, bagaimana cara menggunakan character AI di HP untuk chat dengan berbagai karakter?

Baca juga: Apa Itu LLM? Mengenal Program di Balik Kepintaran AI

Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara chat di Character AI untuk mengobrol dengan berbagai karakter.

Apa itu Character AI?

Untuk diketahui, character AI adalah program chatbot AI berbasis language model (pemodelan bahasa). Character AI bisa menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah pengguna secara natural.

Tanggapan Character AI tersaji dalam format obrolan atau chat. Dengan fitur dan format seperti itu, pengguna bisa berinteraksi dengan Character AI layaknya sedang mengobrol dengan sesama manusia dalam chat room.

Sebagai salah satu chatbot AI, Character AI punya keunikan tersendiri dibanding program lainnya. Seperti namanya, Character AI menyediakan bot dengan berbagai macam karakter yang bisa dipilih pengguna.

Di Character AI, pengguna dapat memilih untuk mengobrol dengan berbagai karakter bot fiksi seperti tokoh game, misal Mario, Luigi, atau Sonic. Kemudian, terdapat pula pilihan karakter bot fiksi tokoh publik, seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, atau Joe Biden.

Semua karakter bot itu punya gaya percakapan yang dibuat mirip dengan tokoh aslinya. Jadi, pengguna bisa seolah-olah bisa merasakan sedang mengobrol dengan tokoh-tokoh tersebut di Character AI.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Voice Generator yang Lagi Ramai buat Ganti Lagu dengan Suara Orang Lain

Link download Character AI di HP

Untuk menggunakan Character AI, pengguna sekarang bisa mengakses aplikasinya lewat HP. Saat ini, Character AI tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat di akses di HP Android dan iPhone. Adapun link download Character AI di HP adalah sebagai berikut:

Itulah link download Character AI di HP. Jika sudah mengunduh, pengguna kemudian bisa langsung memakainya untuk berinteraksi dengan berbagai macam karakter AI. Adapun cara chat Character AI di HP adalah sebagai berikut.

Cara menggunakan character AI di HP

  • Buka aplikasi Character AI di HP dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmai).
  • Setelah berhasil masuk, silakan mulai chat dengan karakter yang tersedia.
  • Untuk memilih karakter yang diajak bicara, klik menu “Explore”.
  • Kemudian, cari dan pilih karakter sesuai keinginan untuk diajak chat.
  • Setelah itu, ruang obrolan dengan karakter AI itu bakal terbuka.
  • Selanjutnya, silahkan mulai percakapan dengan mengirim pernyataan, pertanyaan, atau perintah.
  • Terakhir, karakter bot bakal menanggapi obrolan yang dikirim pengguna dengan gaya tertentu.

Ilustrasi cara menggunakan Character AI.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan Character AI.

Cukup mudah bukan cara chat di Character AI? Melalui cara di atas, pengguna bisa dengan mudah chat dengan berbagai karakter di Character AI sebagai hiburan. Untuk diingat, informasi yang disampaikan bot di Character AI sebaiknya tidak dipercaya begitu saja.

Character AI masih memiliki potensi menyampaikan informasi yang kurang akurat. Demikianlah cara menggunakan Character AI di HP. Sebagai informasi tambahan, Character AI punya berbagai fitur lain yang menarik juga untuk dicoba. slot88

Baca juga: 5 Aplikasi AI Art Generator buat Bikin Gambar dari Teks, Ada Canva dan Midjourney

Misalnya, pengguna bisa membuat bot dengan karakter sendiri yang sesuai dengan keinginan. Opsi pembuatan karakter bot ini dapat dijumpai di ikon tambah yang berada di halaman awal Character AI.

Selain itu, Character AI memiliki fitur pengolah gambar (image generator) dari teks. Kemudian, bot di Character AI juga bisa diatur agar mengeluarkan suara saat membalas atau memberi tanggapan dari obrolan dengan pengguna.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com