Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Sebut iPhone 15 Punya Banyak Ruang untuk Foto, Benarkah?

Kompas.com - 26/03/2024, 08:12 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Apple baru-baru ini menayangkan sebuah video iklan mengenai iPhone 15. Dalam iklan berjudul "Don't Let Me Go" tersebut, tampak seorang pengguna iPhone yang sedang duduk di sebuah sofa.

Dia rupanya sedang sibuk memilih foto-foto untuk dihapus. Saat sedang sibuk menyeleksi, aneka gambar itu mendadak mulai bernyanyi dan mengatakan "Don't let Me Go" seolah tak rela dibiarkan pergi.

Sejenak kemudian, setelah memilih foto, si pengguna iPhone hendak menekan tombol "Trash", tapi urung dan membatalkan niat tersebut. Dia lalu mengangkat ponsel dan mulai menjepret-jepret seekor anjing yang sedang berbaring di sofa lain.

Baca juga: iPhone 15 Ini Punya Desain ala Headset AR Apple Vision Pro, Dijual Rp 125 Juta

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (26/3/2024), di akhir iklan ditampilkan slogan "Lots of storage for lots of photos" atau "Banyak penyimpanan untuk banyak foto", seakan iPhone 15 mampu menampung foto berjumlah besar. 

Padahal, kapasitas media penyimpanan iPhone 15 tak selalu besar. Ponsel ini memiliki tiga pilihan storage, yakni 512 GB, 256 GB, dan yang paling kecil 128 GB. Apple agaknya beranggapan bahwa kapasitas 128 GB sudah cukup besar untuk menampung semua foto.

Apakah media internal 128 GB benar-benar cukup untuk pengguna?

Jika anda pengguna “biasa” yang hanya menyimpan foto, video atau musik seperlunya, hanya memainkan game dan aplikasi “ringan” serta sering menyimpan di layanan cloud seperti Google Drive atau iCloud. Penyimpanan 128GB ini mungkin bakal menjadi opsi yang cocok.

Namun, tentu akan berbeda bila anda adalah pengguna “kelas berat” yang biasa menyimpan foto, video dan musik dalam jumlah banyak serta memainkan game dan aplikasi berat seperti PUBG dan Fortnite. Opsi 128GB ini tentu bakal mepet dan kurang cocok.

Foto dan video yang dihasilkan ponsel sekarang ini memiliki detail dan resolusi yang lebih baik, jadi ukurannya sudah pasti semakin besar. Bahkan video 4K berdurasi satu jam bisa memakan ruang sekitar 20 GB.

Kapasitas penyimpanan 128GB pada ponsel pun bisa jadi cukup atau tidak, tergantung pada kebutuhan pribadi pengguna.

Baca juga: iOS 17.4 Bakal Bikin Siklus Baterai iPhone 15 Dua Kali Lebih Awet

Kalau dana mencukupi, sebaiknya pilihlah penyimpanan yang lebih besar. Walaupun akhirnya tidak terpakai, penyimpanan yang lebih besar dapat membuat kinerja ponsel menjadi lebih baik.

Penggunaan penyimpanan internal membuat akses kita terhadap data-data yang kita miliki menjadi lebih cepat karena sudah pasti data tersimpan secara lokal dan dapat diakses tanpa perlu jaringan internet seperti cloud storage.

Perlu dicatat pula bahwa angka kapasitas storage tidak serta merta mencerminkan ruang penyimpanan yang benar-benar tersedia bagi pengguna.

Ini semua karena sistem operasi, aplikasi bawaan, dan sistem aplikasi lainnya yang sudah terinstall sebelumnya. Seiring waktu, ukurannya juga akan semakin besar setelah anda meng-install pembaruan, misalnyaupdate keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com