Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus Ace 3V Resmi, HP Snapdragon 7+ Gen 3 Pertama

Kompas.com - 23/03/2024, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor ponsel asal China, OnePlus meluncurkan ponsel kelas menengah (mid-range) OnePlus Ace 3V di China, Kamis (21/3/2024).

Ponsel ini merupakan saudara HP OnePlus Ace 3 reguler yang dirilis pada awal Januari lalu. Sebagai model terbaru, OnePlus Ace 3V membawa beberapa pembaruan. Salah satunya di aspek chipset.

Ponsel ini kini ditenagai chipset yang baru rilis pekan ini, yakni Snapdragon 7 Plus Gen 3 bikinan Qualcomm. Chipset ini dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan penyimpanan media hingga 512 GB.

Dengan begitu, OnePlus Ace 3V menjadi HP pertama di dunia yang ditenagai chipset kelas menengah yang sudah mendukung kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif (Generative) dalam perangkat (on-device).

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 7 Plus Gen 3, Bawa AI On-Device di HP Menengah

Chipset Snapdragon 7+ Gen 3 ini dibangun dengan fabrikasi 4nm. Chipset ini menggunakan inti CPU Cortex-X4 baru seperti di chipset Snapdragon 8 Gen 3. Inti CPU tersebut satu generasi lebih baru dari yang ada di dalam Snapdragon 8 Gen 2 yang disematkan di OnePlus Ace 3 reguler.

Menurut GSMArena, untuk pengolah grafis, GPU chip Snapdragon 7+ Gen 3 harusnya lebih mirip dengan Snapdragon 8 Gen 2, bukan mirip Snapdragon 7 Gen 3.

Spesifikasi OnePlus Ace 3V

OnePlus Ace 3V punya dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (OIS, sensor Sony IMX882) dan kamera ultrawide 8 MP.
GSMArena OnePlus Ace 3V punya dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (OIS, sensor Sony IMX882) dan kamera ultrawide 8 MP.
Selain chipset baru, OnePlus Ace 3V juga membawa desain yang baru juga. Ponsel ini memiliki bingkai yang datar (flat frame) di sekelilingnya dan layar datar. Untuk bagian punggung, ada modul kamera berbentuk oval.

Modul kamera tersebut menampung dua kamera belakang yang disusun secara vertikal. Adapun dua kamera belakang OnePlus Ace 3V terdiri dari kamera utama 50 MP (OIS, sensor Sony IMX882) dan kamera ultrawide 8 MP.

Baca juga: Smartphone OnePlus 12R Edisi Genshin Impact Meluncur, Terinspirasi Karakter Keqing

Desain ini berbeda dari OnePlus Ace 3 reguler yang memiliki layar melengkung (curved screen) serta modul kamera belakang berbentuk lingkaran yang cukup besar.

Untuk layar, OnePlus Ace 3V mengusung panel OLED 6,7 inci dengan resolusi 1,5K, refresh rate 120 Hz, serta tingkat kecerahan puncak (peak brightness) 2.150 nits.

Layar ponsel ini sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar atau in-display fingerprint scanner. Layar HP Ace 3V ini juga memiliki punch hole yang menampung kamera selfie 16 MP.

Ponsel ini ditopang baterai 5.500 mAh dengan dukungan fitur pengisian cepat (fast charging) 100 watt. Baterai disebut bisa terisi penuh (1-100 persen) dalam waktu 26 menit.

Untuk software, OnePlus Ace 3V menjalankan sistem operasi Android dilapisi sistem antarmuka ColorOS 14. Ponsel ini mendapatkan 3x upgrade OS Android dan 4 tahun pembaruan keamanan.

Fitur lain yang dibawa OnePlus Ace 3V meliputi NFC, fitur ketahanan air dan debu dengan rating IP65, serta sistem pendingan yang sama dengan OnePlus 12 series, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Jumat (22/3/2024).

Di China, OnePlus Ace 3V ditawarkan dalam pilihan warna Magic Purple Silver dan Titanium Air Grey. Adapun harga OnePlus Ace 3V di China adalah sebagai berikut:

  • OnePlus Ace 3V (12/256 GB) - 1.999 yuan (sekitar Rp 4,3 juta)
  • OnePlus Ace 3V (12/512 GB) - 2.299 yuan (sekitar Rp 5 juta)
  • OnePlus Ace 3V (16/512 GB) - 2.599 yuan (sekitar Rp 5,6 juta)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com