Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Perkenalkan Jajaran Memory Card Tangguh, Anti-air dan Anti-jatuh

Kompas.com - 03/09/2023, 19:09 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Samsung baru-baru ini memperkenalkan jajaran memory card tangguh bernama Pro Ultimate UHS-I yang tersedia dalam versi SD untuk kamera digital dan microSD untuk perangkat, seperti drone dan smartphone.

Jajaran Pro Ultimate UHS-I memiliki kecepatan yang terbilang tinggi untuk kartu memori dengan standar UHS-I, yakni sebesar maksimum 200 MB per detik untuk read speed dan 130 MB per detik untuk write speed (sequential).

Namun, keistimewaan lini kartu memori tersebut ada di rancangannya yang sengaja dibuat tangguh untuk penggunaan di lingkungan outdoor.

Baca juga: Samsung Food, Layanan Resep Masakan Berbasis AI Meluncur Global

Samsung mengeklaim Pro Ultimate UHS-I bisa bertahan hingga 72 jam di air dengan kedalaman 2 meter, tahan jatuh dari ketinggian hingga 5 meter, dan mampu beroperasi di suhu ekstrim -25 hingga 85 derajat celsius.

Pilihan kapasitas dari memory card Samsung Pro Ultimate UHS-I versi SD dan microSDSamsung Pilihan kapasitas dari memory card Samsung Pro Ultimate UHS-I versi SD dan microSD

Rangkaian memory card ini pun tahan magnet hingga 15.000 gauss, X-Ray hingga 100mmGy, shock protection hingga 1.500g, serta dilindungi garansi terbatas selama 10 tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Petapixel, Minggu (3/9/2023).

Hangu Sohn, Vice President of Memory Brand Product Biz Team Samsung Electronics, mengatakan jajaran kartu memori Samsung Pro Ultimate UHS-I dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan akan konten beresolusi tinggi.

"Kreator profesional semestinya bisa mulus bekerja dengan konten berukuran besar, baik saat menulis, membaca, ataupun mentransfer data mereka," ujar Sohn dalam keterangan tertulis.

Menurut informasi di situs Samsung, kartu memori Pro Ultimate UHS-I versi microSDXC sudah tersedia di pasaran dengan pilihan kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Baca juga: Samsung Siapkan SSD 990 Pro 4 TB, Ada Dua Versi

Harganya mulai 20,99 dollar AS (sekitar Rp 320.000) untuk kapasitas 128 GB hingga 64.99 dollar AS (sekitar Rp 990.000) untuk kapasitas 512 GB, sudah termasuk adapter ke kartu memori SD full size.

Sementara itu, versi SDXC dari Samsung Pro Ultimate UHS-I akan menyusul tersedia pada bulan Oktober mendatang dalam pilihan kapasitas 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Banderolnya mulai 26.99 dollar AS untuk kapasitas 64 GB (sekitar Rp 412.000) hingga 92.99 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta) untuk kapasitas 512 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com