Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Status Telepon WhatsApp Tetap “Berdering” meski Nomor Tak Aktif, Benarkah?

Kompas.com - 21/03/2024, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, di media sosial (medsos) seperti X (dulu Twitter), tengah viral soal status telepon pada aplikasi instan WhatsApp (WA) yang mengalami perubahan.

Perubahan ini dilaporkan banyak warganet membuat status telepon WhatsApp menjadi tetap bertuliskan “berdering” atau “ringing” meski nomor atau kontak yang dihubungi dalam kondisi sedang tidak aktif atau offline.

Baca juga: Tampilan WhatsApp Mendadak Berubah, Menu Chat Pindah ke Bawah, Bisakah Dikembalikan?

Salah satu keramaian pembicaraan soal status telepon WhatsApp tetap “berdering” saat nomor tak aktif itu muncul melalui twit dari akun base dengan handle @tanyakanrl, sebagaimana tertera di bawah ini.

Dalam twit yang diunggah pada 20 Maret 2024 itu, pengirim mengunggah tangkapan layar yang berisi pernyataan, status telepon WhatsApp akan tetap bertuliskan “berdering” meski nomor yang dihubungi sedang tidak aktif.

Melihat keramaian ini, apakah benar status telepon WhatsApp tetap “berdering meski nomor tidak aktif, seperti yang viral dibicarakan di medsos? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah ulasan mengenai status telepon WhatsApp yang tetap “berdering”.

Status telepon WhatsApp yang tetap “berdering”

Perlu diketahui, saat telepon di WhatsApp, terdapat dua status yang muncul, yakni “memanggil” atau “calling” dan “ringing” atau “berdering”. Status itu akan muncul di halaman panggilan WhatsApp sebelum kontak mengangkat telepon.

Dua status tersebut mengindikasikan aktivitas panggilan yang berbeda. Status telepon WhatsApp “memanggil” berarti panggilan telepon tidak diterima kontak yang dihubungi karena nomornya tidak aktif.

Sebagai informasi, nomor WhatsApp yang tidak aktif sehingga hanya berstatus “memanggil” saat ditelepon, bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti kontak mematikan HP, tidak terhubung jaringan internet atau offline, dan akun tidak lagi aktif.

Sementara itu, status telepon WhatsApp “berdering” mengindikasikan panggilan dari pengguna masuk dan diterima di HP kontak, tetapi belum diangkat. Status “berdering” juga mengindikasikan kalau nomor kontak aktif.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi dan Identitas Orang Lain lewat WhatsApp, Mudah

Status telepon WhatsApp “memanggil” dan “berdering” inilah yang viral dibicarakan warganet di medsos. Banyak warganet yang melaporkan jika status telepon WhatsApp itu berubah, tak lagi ada “memanggil” dan hanya “berdering” meski kontak tak aktif.

Kemudian, nomor yang tidak aktif dikatakan bakal memiliki perbedaan dengan nomor yang aktif saat ditelepon di WhatsApp, meski statusnya sama-sama “berdering”. Perbedaanya disebut terletak pada keberadaan opsi tambah penerima telepon.

Dalam asumsi yang ramai dibicarakan warganet, saat nomor tidak aktif ditelepon di WhatsApp, statusnya bakal tetap “berdering”, tetapi tidak ada opsi tambah penerima telepon. Sementara itu, nomor yang aktif ketika ditelepon akan memiliki opsi tersebut.

Di sisi lain, dalam percobaan yang kami lakukan, status telepon WhatsApp tidak ditemukan perubahan seperti yang ramai dibicarakan di medsos. Adapun penjelasan soal status telepon WhatsApp dari percobaan yang kami lakukan adalah sebagai berikut.

Status telepon WhatsApp tidak berubah

Kami tidak menemukan adanya perubahan status telepon WhatsApp yang ramai dikatakan bakal tetap “berdering” meski nomor yang dihubungi dalam kondisi tidak aktif. Kami telah melakukan percobaan dalam dua skema, yakni memakai WhatsApp di HP Android dan iPhone.

Dari percobaan yang kami lakukan, hasilnya status telepon WhatsApp tetap menunjukkan tulisan “memanggil” dan “berdering”. Di WhatsApp Android versi 2.24.5.76, ketika menghubungi nomor yang tidak aktif, statusnya akan “memanggil”.

Kemudian, ketika menghubungi nomor yang aktif, statusnya menjadi “berdering”. Adapun bukti status telepon WhatsApp di HP Android yang tetap menunjukkan status “memanggil” dan “berdering” adalah sebagai berikut.

Ilustrasi status telepon WhatsApp di Android yang tetap memiliki status memanggil ketika menghubungi nomor tidak aktif (kiri) dan berdering ketika nomor aktif (kanan).KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi status telepon WhatsApp di Android yang tetap memiliki status memanggil ketika menghubungi nomor tidak aktif (kiri) dan berdering ketika nomor aktif (kanan).

Sama halnya dengan di WhatsApp Android, saat menghubungi kontak yang tidak aktif di WhatsApp iPhone versi 2.24.5.75, statusnya tetap menunjukkan “memanggil”. Untuk nomor yang aktif, statusnya juga “berdering, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi status telepon WhatsApp di iPhone yang tetap memiliki status memanggil ketika menghubungi nomor tidak aktif (kiri) dan berdering ketika nomor aktif (kanan).KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi status telepon WhatsApp di iPhone yang tetap memiliki status memanggil ketika menghubungi nomor tidak aktif (kiri) dan berdering ketika nomor aktif (kanan).

Jadi, berdasarkan percobaan yang kami lakukan, status telepon WhatsApp hingga saat ini masih tetap akan berubah berdasar kondisi kontak yang dihubungi, yakni akan berstatus “memanggil” ketika kontak tidak aktif dan “berdering” jika nomor aktif.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Keluar Sendiri atau “Force Close”? Ini Penyebab dan 10 Cara Mengatasinya

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com