Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Ponsel Flagship Android Bakal Makin Mahal?

Kompas.com - 27/05/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone keluaran tahun 2025 diproyeksi bakal lebih mahal dibanding sebelumnya, terutama untuk ponsel model flagship.

Prediksi kenaikan harga tersebut muncul lantaran harga chipset yang konon bakal melambung mulai tahun depan.

Menurut keterangan pembocor gadget (tipster) kenamaan, Digital Chat Station di media sosial Weibo, harga chipset Snapdragon 8 Gen 4 bakal naik signifikan karena harga wafer SM8750 yang digunakan untuk memproduksi chip tersebut ikut melonjak.

Wafer sendiri adalah bahadan dasar berbentuk lempengan tipis yang digunakan dalam pembuatan sirkuit terpadu. Karena material yang vital, maka kenaikan harga wafer kemungkinan akan berdampak pada harga chipset.

Baca juga: 10 HP Flagship Android Paling Kencang April 2024 Versi AnTuTu

Snapdragon 8 Gen 4 sendiri diduga kuat menjadi suksesor dari Snapdragon 8 Gen 3 yang rilis akhir tahun lalu. Chip itu diproyeksi menjadi chip andalan Qualcomm yang akan menenagai sejumlah ponsel flagship Android tahun depan.

Tipster itu tidak memberikan kisaran kenaikan harga Snapdragon 8 Gen 4 sehingga dikatakan kenaikannya "signifikan". Namun kenaikan 10-20 persen saja, bisa memengaruhi harga eceran yang disarankan (manufacturer suggested retail price/MSRP).

Perlu diketahui pula bahwa kenaikan biaya produksi tidak selalu dibebankan ke konsumen.

Sebagai contoh, harga Snapdragon 8 Gen 3 sebenarnya sudah 25 persen lebih mahal dibanding generasi sebelumnya. Namun hanya sejumlah ponsel flagship saja yang harganya ditingkatkan, seperti Samsung Galaxy S24 Ultra.

Di samping itu, harga Samsung Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus atau OnePlus 12 tidak mengalami kenaikan.

Salah satu alasan kenaikan harga chip Snapdragon 8 Gen 4 boleh jadi karena fabrikasi 3 nanometer yang diadopsi oleh pabrikan chipset, TSMC. Chipset flagship juga dipastikan memakai CPU Oryon yang baru serta NPU yang diperbarui, sehingga menawarkan kinerja yang lebih gahar dibanding sebelumnya.

Adapun kenaikan harga Snapdragon 8 Gen 4 masih belum dikonfirmasi oleh Qualcomm, dihimpun KompasTekno dari Digital Trends.

Jadi, belum dapat dipastikan apakah kenaikan harga wafer chipset itu akan benar-benar membuat harga ponsel flagship 2025 jauh lebih mahal atau tidak.

Baca juga: Daftar HP Flagship Terkencang AnTuTu Maret 2024, Asus ROG Phone 8 Teratas

Inikah HP pertama pakai Snapdragon 8 Gen 4?

Snapdragon 8 Gen 4 akan rilis sekitar bulan Oktober tahun ini. Setelah diperkenalkan, chipset ini kabarnya akan langsung debut di HP flagship baru Xiaomi, yakni Xiaomi 15 series. Hal ini diungkap oleh tipster gadget bernama Yogesh Brar di X/Twitter.

Dengan kata lain, Xiaomi akan menjadi merek pertama yang meluncurkan ponsel bertenaga Snapdragon 8 Gen 4.

Praktik itu tidak begitu mengherankan karena jajaran Xiaomi 14 juga menjadi yang pertama diotaki chipset Snapdragon 8 Gen 3. Ponsel ini dirilis di China pada 26 Oktober 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com