Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Mini 4K Resmi, Drone Setelapak Tangan Bisa Rekam Video 4K

Kompas.com - 24/05/2024, 07:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat drone DJI resmi meluncurkan drone terbarunya, DJI Mini 4K untuk pasar China. Sebelumnya, DJI Mini 4K diluncurkan secara diam-diam di Amerika Serikat pada April 2024 lalu.

DJI Mini 4K memiliki spesifikasi yang sama dengan DJI Mini 2 SE, yang diboyong ke Indonesia pada Februari 2023 lalu. Perbedaannya terletak pada resolusi perekaman video saja.

Drone terbaru DJI ini mendukung perekaman video dalam resolusi 4K pada 30 fps. Sementara itu, dukungan perekaman video DJI Mini 2 SE mentok di resolusi 2,7K pada 30 fps.

Makin tinggi resolusinya, makin tajam dan jelas pula kualitas gambar. Adapun perangkat ini menggunakan sensor kamera CMOS 1/2,3 inci 12 MP.

Baca juga: Sejarah DJI, Penguasa Pasar Drone yang Berawal dari Kamar Kos

DJI Mini 4K merupakan drone yang ringan dengan bobot 249 gram, tetapi DJI tidak mengumbar dimensinya. Sebagai perbandingan, DJI Mini 2 SE memiliki dimensi 138 x 81 x 58 mm saat dilipat dan 159 x 203 x 56 mm saat dibuka.

Dengan dimensi seperti ini, drone mini tersebut dapat ditaruh di telapak tangan orang dewasa.

Sebagai referensi, drone mini umumnya memiliki panjang sekitar 150 mm, drone kecil sekitar 300 mm, drone ukuran sedang sekitar 300 hingga 1.200 mm, dan drone besar sekitar 120 cm atau lebih besar.

DJI Mini 4K bisa dibilang sebagai drone yang cocok digunakan untuk pemula.

Sebab, drone yang mini ini bisa diterbangkan di berbagai negara dan wilayah di dunia tanpa perlu sertifikasi pengujian atau pelatihan.

Tak hanya itu, drone ini mendukung penggunaan satu tombol (one-click) untuk lepas landas (takeoff), pendaratan (landing), dan pengembalian otomatis.

Deretan fitur DJI Mini 4K. Salah satunya menunjukkan bahwa drone ini memiliki ukuran yang ringkas sehingga bisa ditaruh di telapak tangan pengguna.GizmoChina Deretan fitur DJI Mini 4K. Salah satunya menunjukkan bahwa drone ini memiliki ukuran yang ringkas sehingga bisa ditaruh di telapak tangan pengguna.
DJI Mini 4K diklaim dapat diterbangkan selama 31 menit dalam satu kali pengisian daya. Daya tahan ini bisa diperpanjang hingga 93 menit apabila pengguna tidak merekam video.

Soal fitur, DJI Mini 4K didukung Electronic Image Stabilization (EIS) dan gimbal bermotor tiga sumbu, untuk memastikan video yang konsisten dan mulus dalam berbagai kondisi pengambilan gambar. Jarak transmisi gambar mencapai 10 km.

Baca juga: Drone DJI Avata 2 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Harga Mulai Rp 6,9 Juta

Drone ini turut dibekali mode pengambilan cerdas seperti foto panorama, film pendek, dan video pendek yang direkam dengan sekali klik. Kemudian, DJI Mini 4K turut mendukung mode Fade, Spiral, Soar, Surround, serta Comet.

Ketika layar pada controller drone diketuk dua kali, DJI Mini 4K bakal merekam dan menghasilkan video pendek, yang turut dilengkapi dengan berbagai filter dan musik latar belakang. Nantinya, video ini bisa disunting dan dibagikan lewat aplikasi bawaan.

Untuk fotografi tidak bergerak (still), DJI Mini 4K bisa menangkap foto panorama dengan sudut (angle) yang lebar, 180 derajat, dan mode panorama bulat. Dengan sekali ketukan, drone bisa mengambil dan memproses gambar menjadi karya panorama beresolusi tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com