Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Usia iOS di iPhone Lebih Pendek dari HP Android

Kompas.com - 10/06/2024, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple sejatinya jarang buka-bukaan soal beberapa detail produk yang dirilis. Salah satunya soal jaminan upgrade sistem operasi (OS/operating system) perangkatnya.

Kini, Apple akhirnya buka suara soal informasi tersebut demi mematuhi aturan negara setempat.

Pada 29 April 2024 lalu, Undang-undang Infrastruktur Keamanan dan Telekomunikasi Produk di Inggris (UU PSTI/Product Security and Telecommunication Infrastructure Act) meminta semua perusahaan yang ada di bidang manufaktur, impor, ataupun mendistribusikan perangkat yang terkoneksi internet, mematuhi sejumlah aturan.

Aturan yang disorot kali ini adalah soal keamanan. Regulasi ini dibuat untuk meningkatkan keamanan produk konsumen yang terkoneksi internet, terutama perangkat Internet of Things (IoT).

Nah, perusahaan yang masuk kategori regulasi ini harus patuh dan mengungkapkan masa dukungan pembaruan keamanan yang diberikan. Apple pun masuk dalam kategori ini.

Baca juga: Smartphone Ini Dapat Upgrade Android hingga 5 Generasi, Lebih Lama dari Lainnya

Pernyataan kepatuhan Apple terhadap UU PSTI di InggirsAndroid Authority Pernyataan kepatuhan Apple terhadap UU PSTI di Inggirs

Karena masuk dalam kategori tersebut, Apple pun memublikasikan pernyataan dan mengungkapkan masa jaminan upgrade OS untuk iPhone 15 Pro Max yaitu “minimal lima tahun dari pertama kali dirilis”.

iPhone 15 series dirilis pada 22 September 2023. Artinya, dukungan pembaruan OS akan tersedia hingga 22 September 2028.

Sebab, merujuk pada regulasi yang tertuang di UU PSTI, “defined support period” (periode dukungan yang ditentukan) merupakan durasi waktu minimum yang dinyatakan sebagai periode akhir, setelah pembaruan keamanan diberikan.

Dengan pernyataan di atas, Apple menegaskan kepada pemerintah Inggris bahwa pihaknya akan menggelontorkan pembaruan keamanan untuk iPhone 15, minimal sejak lima tahun dirilis resmi. 

Lebih dikit dari Google dan Samsung

Ilustrasi ponsel Google Pixel.ITHome Ilustrasi ponsel Google Pixel.

Pernyataan Apple ini pun diketahui oleh Vice President of Engineering for Android Security and Privacy Google, Dave Kleidermacher.

Dalam unggahannya di akun LinkedIn pribadinya, ia mengatakan bahwa Apple tidak lagi menawarkan pembaruan keamanan terbaik di industri. Pasalnya, Google dan Samsung menawarkan jaminan pembaruan OS yang lebih lama, yakni tujuh tahun. 

Google dan Samsung juga menjamin bahwa pembaruan OS selama tujuh tahun ini juga akan fokus pada pembaruan keamanan.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (10/6/2024), ada kemungkinan Apple tetap memberikan pembaruan OS dan keamanan di atas lima tahun.

Sebab, sebelumnya iPhone 6s yang dirilis 2015 masih mendapat pembaruan iOS 15 yang digelontorkan pada 2021.

Baca juga: Samsung Setop Update 3 Ponsel Galaxy Ini, Cek Apakah HP Anda Termasuk

Apple juga menekankan pernyataannya soal “dukungan minimal”, bukan “dukungan maksimal”. Indikasi ini yang membuat sejumlah pihak meyakini bahwa masa jaminan upgrade OS dan keamanan iPhone bisa lebih dari lima tahun.

Jadi, pengguna iPhone lawas tidak perlu terlalu khawatir selama masih mendapatkan pembaruan OS dan keamanan dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com