Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Genap Setahun Dirilis, Apple Pay Later Ditutup

Kompas.com - 20/06/2024, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apple akan menutup layanan finansial Apple Pay Later. Padahal, Apple Pay Later baru dirilis Oktober 2023 lalu atau kurang lebih delapan bulan.

Itu pun terbatas di Amerika Serikat (AS) saja, belum dirilis secara global. Apple Pay Later adalah layanan "beli sekarang, bayar nanti", mirip dengan Shopee Pay Later, GoPay Later, dan beberapa layanan sejenis di Indonesia.

Layanan ini akan memberikan pinjaman ke konsumen agar mereka bisa menikmati produk atau layanan terlebih dahulu dengan memanfaatkan pinjaman dari Apple Pay Later.

Sebagai gantinya, Apple dikabarkan tengah menyiapkan fitur pinjaman baru di Apple Pay.

Baca juga: Apple Tiru Material You Android di iOS 18

"Mulai akhir tahun ini, pengguna (Apple) di seluruh dunia akan bisa mengakses pinjaman cicilan yang ditawarkan lewat kartu kredit dan debit, serta (platform) pemberi pinjaman, saat melakukan pembayaran di Apple Pay," jelas juru bicara Apple, dikutip KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (20/6/2024).

"Dengan penawaran peminjaman baru yang akan diluncurkan secara global ini, kami tidak akan lagi menawarkan Apple Pay Later di AS," imbuh Apple.

Bagi pengguna Apple Pay Later yang masih memiliki tanggungan, diklaim masih bisa mengelola finansialnya dan membayar cicilan lewat aplikasi Apple Wallet.

Di AS, pengguna Apple bisa mengajukan pinjaman di Apple Pay Later dengan pagu 50 dollar AS hingga 1.000 dollar AS (Rp 818.000 - Rp 16 jutaan).

Baca juga: Apple Cetak Rekor dan Termakmur Sejagat Pasca-rilis Produk AI

Mereka dapat membagi pinjaman itu ke dalam empat jenis pembayaran selama enam minggu tanpa bunga.

Dengan rencana penutupan Apple Pay Later, perusahaan asal Cupertino, California, AS itu juga tidak lagi membuka pengajuan pinjaman, sebagaimana dihimpun dari The Verge. Hal itu juga tertuang di lama resmi Apple.

"Apple Pay Later tidak lagi menawarkan pinjaman baru. Pinjaman Apple Pay Later yang sedang berjalan, serta pembelian, tidak akan terdampak" begitu bunyi keterangan dari laman dukungan Apple.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com