Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun WA Bisnis di Indonesia Kini Bisa Beli Centang Biru

Kompas.com - 07/06/2024, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta mengumumkan sejumlah pembaruan dan fitur baru untuk WhatsApp dalam acara tahunan bertajuk "Conversation" yang digelar di Sao Paulo, Brasil, pada Kamis (6/6/2024).

Beberapa di antara fitur baru WhatsApp yang diumumkan dalam acara itu yakni Verifikasi Meta (Meta Verified) serta Meta AI. Meta Verified dan Meta AI kini tersedia untuk pengguna WhatsApp Business guna menunjang bisnis mereka.

Kedua fitur ini sudah digulirkan Meta untuk pengguna WhatsApp Business atau WA bisnis di Indonesia. Fitur yang sama juga dirilis Meta di Brasil, India dan Kolombia.

Selain dua fitur itu, ada pula fitur telepon bisnis yang memungkinkan pengguna menelepon akun bisnis. Berikut rinciannya.

Meta AI

Meta AI merupakan chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dikembangkan oleh Meta.

Meta AI kini hadir di WhatsApp Business untuk membantu menjawab pertanyaan pelanggan, mendiskusikan produk dan berbagai hal yang bisa membantu pengguna WA Business melayani pelanggan.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bikin Pesan Suara di Status WA Lebih Panjang

Fitur baru WhatsApp BusinessWhatsApp Fitur baru WhatsApp Business

Menurut Meta, chatbot ini sudah dilatih agar mampu merespons pertanyaan yang paling sering diterima di WA Business. Dengan begitu, Meta AI bisa membantu pelangan mendapat jawaban dalam tempo singkat.

Dukungan Meta AI di WhatsApp Business juga akan membantu pengguna atau bisnis membuat iklan di Facebook serta Instagram, mengingatkan pelanggan bila ada barang yang masih tersimpan di keranjang atau untuk menawarkan diskon belanja.

Verifikasi Meta

Fitur lainnya yaitu fitur Verifikasi Meta. Fitur ini diwakili ikon centang pada username pengguna WA Business. Fitur ini sekaligus menandai bahwa akun itu sudah terverifikasi oleh Meta sebagai akun resmi bisnis terkait.

"Ketika Anda melihat lencana verifikasi Meta, artinya bisnis sudah mendaftarkan informasi mereka ke Meta dan mendapatkan perlindungan dari peniruan identitas," ungkap pihak Meta dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (7/6/2024).

Fitur baru WhatsApp BusinessWhatsApp Fitur baru WhatsApp Business

Lebih lanjut, WA Business yang memakai fitur ini akan mendapat dukungan lanjutan dari Meta. Akun bisnis yang sudah diverifikasi juga bisa dijalankan di semua perangkat karyawan.

Selain di laman chat, ikon centang pada fitur ini akan terlihat di WA Channel alias Saluran WhatsApp, hingga halaman WhatsApp khusus bisnis yang bisa dibagikan di media sosial dan lainnya.

Fitur ini sebenarnya sudah dirilis resmi Meta di Indonesia pada Juli 2023. Namun saat itu fitur ini baru mendukung layanan verifikasi alias centang biru untuk Facebook dan Instagram

Sementara Meta Verified yang digulirkan sekarang, ditujukan untuk pengguna WhatsApp Business. Menurut halaman resmi Meta, harga centang biru untuk akun WhatsApp Bisnis di Indonesia dibanderol mulai harga 14,99 dollar AS per bulan atau sekitar Rp 240.000.

Harga selengkapnya bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Telepon bisnis

Meta juga menghadirkan dukungan telepon ke akun WA Business. Dengan begitu, pengguna bisa menghubungi akun WA Business, misalnya untuk membuka rekening bank yang membutuhkan panggilan telepon, dan lain sebagainya.

Baca juga: Trik Baca Pesan WA Tanpa Buka Aplikasi WhatsApp

Fitur baru WhatsApp BusinessWhatsApp Fitur baru WhatsApp Business

Menurut Meta, fitur ini masih dalam tahap uji coba. Induk WhatsApp ini menjanjikan fitur telepon bisnis dalam beberapa bulan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com