Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bikin Pesan Suara di Status WA Lebih Panjang

Kompas.com - 28/05/2024, 17:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform perpesanan instan WhatsApp (WA) merilis fitur baru untuk WhatsApp Status (WA Status). Fitur baru WhatsApp ini memungkinkan pengguna membuat status pesan suara (voice status) dengan durasi lebih panjang, yakni hingga satu menit di iOS dan Android.

Sebelumnya, pengguna hanya bisa membuat status pesan suara hingga 30 detik. Dengan begitu, pengguna menjadi lebih leluasa ketika ingin membuat status berupa pesan suara.

Jika belum familier, WhatsApp Status sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah berbagai konten, termasuk foto, video, dan pesan suara. Fitur ini mirip seperti Instagram Stories (IG Stories) karena konten yang diunggah akan hilang dalam 24 jam.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bisa Unggah Pesan Suara di Status

Pantauan KompasTekno, fitur status pesan suara yang lebih panjang ini sudah tersedia di WhatsApp di ponsel Android kami, tepatnya versi 2.24.10.85.

Jika ingin menggunakannya, pastikan pengguna sudah memperbarui aplikasi WhatsApp secara manual di Android lewat tautan ini, dan di iOS lewat tautan berikut ini.

Cara menggunakan fitur voice status cukup sederhana.

Pengguna mesti membuka aplikasi WhatsApp, kemudian mengetuk menu "Updates" (Pembaruan) yang terletak di bagian bawah layar. Setelah itu, tekan tombol dengan ikon pensil yang terletak di atas tombol kamera.

Langkah berikutnya adalah mengeklik tombol mikrofon berwarna putih hijau di sebelah kanan bawah layar.

Pengguna perlu menahan tombol ini saat merekam suara, dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengguna dapat merekam suara hingga satu menit.

Usai merekam suara, pengguna tinggal menekan tombol pesawat kertas alias tombol kirim untuk mengunggah voice status tersebut.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Status, Ada Font dan Warna Baru Mirip Instagram Stories

Cara menggunakan fitur status pesan suara yang lebih panjang di WhatsAppKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara menggunakan fitur status pesan suara yang lebih panjang di WhatsApp

Share screen dengan audio

WhatsApp juga merilis update 24.9.74 di platform iOS. Update 24.9.74 memungkinkan pengguna iPhone untuk membagikan audio ketika sedang membagikan layar (share screen) dalam panggilan video (video call).

Sebelumnya, layar yang dibagikan pengguna iPhone tidak memiliki suara, berbeda dari fitur share screen WhatsApp di Android yang dilengkapi audio.

Cara share screen di WhatsApp iOS dilakukan dengan mengetuk layar saat sedang video call, kemudian mengakses deretan ikon yang terletak di bagian bawah layar.

Ketuk ikon kedua dari kiri dengan ilustrasi orang di depan layar televisi, dan pilih "Start Broadcast" untuk memulai share screen.

Jika sudah selesai, pengguna bisa membuka WhatsApp dan mengetuk ikon "Stop Sharing" berwarna merah. Alternatifnya, ketuk gelembung merah di sudut atas layar dan pilih "Stop".

Baca juga: WhatsApp Punya Tampilan Baru, Versi iOS Jadi Mirip Android dan Warna Lebih Terang

Pembaruan ini juga menghadirkan antarmuka (user interface/UI) yang berbeda. Berbagai tombol dan ikon notifikasi WhatsApp memiliki warna hijau, berbeda dari sebelumnya yang berwarna biru.

Dengan begitu, tampilan WhatsApp di iOS makin mirip dengan di Android.

Palet warna hijau ini berlaku untuk pengaturan tema cerah (Light Mode) yang dibalut warna putih, dan tema gelap (Dark Mode) yang dihiasi warna hitam.

Fitur WhatsApp iOS ini sedang dalam tahap penggelontoran untuk pengguna iPhone, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizChina, Selasa (28/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com