Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Snowden Buka Kedok Agen Rahasia Inggris

Kompas.com - 15/06/2015, 14:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Rusia dan Tiongkok disebut sudah bisa mengakses data terenkripsi yang dipegang mantan pegawai NSA Edward Snowden. Data yang dimaksud bisa mengidentifikasi anggota intelijen Inggris sekaligus membeberkan beberapa teknik dan metode operasinya.

Menanggapi isu ini, pemerintah Britania Raya telah menarik agen-agen rahasianya yang bertugas di Rusia dan Tiongkok. Walau, sejauh ini belum ada bukti kedua negara melancarkan tindakan berbahaya.

"Snowden telah melakukan kerusakan tak terhitung. Di beberapa kasus, beberapa lembaga telah menarik agen-agennya dari operasi untuk mencegah mereka teridentifikasi dan dibunuh," kata orang dalam pemerintahan Inggris, sebagaimana dikutip KompasTekno, Senin (15/6/2015) dari DigitalTrends.

Diketahui, Snowden pertama kali terekspos di media pada 2013 lalu. Saat itu, Snowden membeberkan data-data rahasia dan praktik mata-mata yang digencarkan AS.

Tindakan Snowden mengundang kontroversi. Beberapa orang menobatkan Snowden sebagai pahlawan hak asasi manusia. Sebagian lagi menganggapnya pengkhianat.

Setelah membeberkan rahasia negaranya, Snowden kabur ke Hongkong lalu Moskwa untuk menghindari hukuman otoritas AS. Saat ini, Snowden diyakini tinggal di lokasi terisolasi di Rusia.

Dua hukuman telah menantinya, yakni terkait aksi spionase dan pencurian kekayaan negara. Keduanya tuduhan bisa menjebloskan Snowden ke jeruji besi hingga 30 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com