Oppo Find 5 Lebih Kencang dari Nexus 4?

Dibaca:
Komentar :

Oik Yusuf/KompasTekno Oppo Find 5

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar ponsel pintar Android tak hanya disesaki oleh Samsung, Sony, LG dan HTC saja. Ada produsen lain yang tak bisa dipandang sebelah mata, salah satunya adalah Oppo yang sebelumnya terkenal dengan produk pemutar cakram Blu-ray.

Oppo sudah membuka kantor perwakilan di Indonesia sejak awal 2013. Produsen ini nampak serius untuk ikut bertarung di medan perang ponsel pintar Android. Mereka mengandalkan Oppo Find 5, yang memiliki layar seluas 5 inci dengan kualitas full-HD. Produsen ini mengklaim telah memiilki pangsa pasar yang besar di China.

Oppo mengklaim Find 5 termasuk dalam jajaran ponsel premium, namun menawarkan harga terjangkau di kelasnya. Apakah Find 5 sungguh bisa disebut ponsel premium? Untuk mengetahui jawabannya, pastikan Anda menyimak ulasan ini hingga tuntas.

Desain

Oppo Find 5 hadir dengan perpaduan warna putih dan hitam. Tepi layar diberi warna hitam pekat, sedangkan warna putih menyelimuti bagian belakang dan bagian depan bawah. Dari sisi konstruksi, Find 5 terasa kokoh dan padat, meskipun memakai material plastik di bagian belakang dan samping.

IMG_9961

IMG_9965

Bobotnya terbilang berat untuk ukuran ponsel pintar yang beredar saat ini, sekitar 165 gram. Meski demikian, Find 5 tampil ramping dengan ketebalan 165 gram.

Oppo memperhatikan sisi estetika Find 5. Ia tampil indah dengan konsep minimalis tanpa tombol fisik di depan. Tombol fisik yang ada di ponsel ini hanyalah tombol pengatur volume di sisi kanan dan tombol daya di sisi kiri. Di atas tombol daya ada ruang untuk kartu Micro SIM.

IMG_9955

IMG_9953

Di sisi atas ada konektor audio 3,5mm dan di bagian bawah ada konektor MicroUSB serta mikrofon. DI bagian belakang terdapat logo Oppo berwarna abu juga kamera dan LED flash. Panel belakang Find 5 tak bisa dibuka, sehingga Anda tak bisa membuka-pasang baterai seperti lini produk ponsel Samsung.

Layar

Find 5 memiliki layar seluas 5 inci yang mendukung resolusi 1.920 x 1.080 pixel dan ketajaman 441 pixel per inci (ppi). Layar ini telah dilapisi kaca anti gores dan anti pecah Gorilla Glass.

KompasTekno dibuat terkejut dengan kualitas layar Find 5 yang mereproduksi ketajaman warna dengan baik. Kualitasnya terlihat saat memainkan video beresolusi tinggi. Anda tinggal mengunduh aplikasi pemutar multimedia yang bisa memainkan berbagai format video untuk menikmati ketajaman layar Find 5.

Ketika berada di bawah sinar matahari terik, ikon maupun teks yang ada di layar Find 5 masih bisa dilihat dengan jelas.

IMG_9949

IMG_9948

Jenis layar yang dipakai adalah IPS LCD. Seperti layar LCD di ponsel pada umumnya, kontras dan saturasi warna pada layar Find 5 terbilang tinggi. Jika kecerahan layar diatur pada tingkat tertinggi, ia agak membuat mata sakit. Anda harus mengatur kecerahan agar mata terasa nyaman saat memandangi layar Find 5.

Tampilan antarmuka

Oppo melakukan kustomisasi tampilan antarmuka Android, karena Google memang membebaskan hal itu. Tampilan default di Find 5 tidak terlihat keren. Dari sudut pandang KompasTekno, tampilan ini kaku dan membuang banyak ruang. Ikon aplikasi didesain sangat besar dan semuanya berbentuk kotak.

Tampilan antarmuka Android di Oppo Find 5 copy

Ini mungkin menjadi strategi Oppo untuk membuat produknya terlihat berbeda. Tapi Anda bisa lihat, satu halaman hanya menampilkan 16 ikon aplikasi dan menu. Anda harus menggeser layar ke kanan atau kiri untuk mencari aplikasi yang ingin dibuka.

Oppo memberi pilihan kepada Anda yang ingin mengubah tampilan antarmuka Android di Find 5. Anda tinggal masuk ke menu NearMe Themes, lalu pilih tampilan yang sesuai dengan selera. Ada beberapa tampilan yang lebih modern. Tetapi ukuran ikon dan aplikasinya tetap besar dan masih terpaku dalam bentuk kotak-kotak.

Kustomisasi tampilan yang dilakukan Oppo di Find 5 membuat proses navigasi agak kurang mulus. Rasanya, seperti ada yang mengganjal ketika Anda menggeser layar ke kiri atau kanan. Begitu juga saat membuka aplikasi browser bawaan, terasa ada yang mengganjal ketika ingin berpindah tab. KompasTekno lebih memilih berselancar internet dengan Google Chrome.

Performa

Setelah melakukan update firmware, performa Find 5 jauh lebih stabil. Ponsel ini telah menggunakan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

Untuk membuka-tutup aplikasi atau sekedar berpindah aplikasi, ia memang terasa gegas. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kustomisasi tampilan antarmuka Android yang dilakukan Oppo di Find 5, membuat navigasi kurang mulus. Seperti ada sesuatu yang mengganjal ketika Anda menggeser halaman ke kiri atau kanan.

Performa Find 5 ditopang oleh prosesor quad-core Qualcomm MDM9215M / APQ8064 1,5GHz Krait dan RAM 2GB. Dua komponen inilah yang berperan besar menjamin kelancaran navigasi. Memori internal yang disediakan 16GB tanpa tambahan slot MicroSD.

KompasTekno menguji performa Oppo Find 5 dengan aplikasi penguji kinerja Antutu. Hasilnya, Oppo Find 5 mencetak skor 19744 di Antutu. Secara keseluruhan, performa Find 5 patut diacungi jempol.

Benchmark Oppo Find 5 dengan Antutu copy

Dalam catatan bar chart Antutu, performa Find 5 berada di bawah Samsung Galaxy S4. Namun, ia lebih baik dari LG Nexus 4, Samsung Galaxy Note II, Galaxy S III, dan HTC One X+.

Dibekali spesifikasi hardware tingkat tinggi, Find 5 mampu diajak memainkan game kelas berat. Dengan unit pemroses grafis Adreno 320, Find 5 bisa melayani dengan mulus. Anda tinggal pilih game berat macam apa yang ingin dimainkan.

Baterai

Hari pertama KompasTekno memakai Find 5, baterainya terasa cepat habis. Setelah melakukan update firmware, barulah baterainya terasa lebih awet. Kapasitas baterai Find 5 adalah 2.500mAh.

Secara keseluruhan, performa baterai Find 5 terbilang boros. Hal ini memang dialami hampir semua ponsel pintar Android yang memakai layanan data untuk menerima email, berselancar internet, dan beraktivitas di jejaring sosial.

Untuk menghemat daya baterai, pastikan Anda menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, terlebih aplikasi yang mengkonsumsi data dalam volume besar.

Kamera

Find 5 dibekali kamera utama bersensor 13MP dengan lampu kilat LED dan kamera depan 1,9MP. Untuk urusan memotret, kameranya dapat menangkap gambar dengan cepat.

Aplikasi kamera menawarkan pilihan aspek rasio 4:3 atau 16:9 hingga tingkat 13MP. Ada pula fitur timer selama 5 detik, pendeteksi wajah dan lokasi. Anda juga bisa mengambil foto beresolusi tinggi maupun panorama.

Kamera Find 5 juga bisa digunakan untuk mengambil gambar dalam jumlah banyak hanya dengan menahan jari di tombol rana. Dalam satu detik, ia dapat mengambil sekitar 4 sampai 5 foto. Modus seperti ini biasa disebut Burst. Ini sangat berguna untuk menangkap momen penting yang biasanya terjadi sangat cepat.

Hasil foto dari modus Burst semuanya masuk ke folder Galeri/Photos. Sayangnya, Find 5 tidak menyediakan fitur yang memberi rekomendasi foto terbaik dari bidikan modus Burst, seperti yang ada di HTC One X. Anda harus memilih sendiri foto terbaik dan menghapus foto-foto yang hasilnya kurang baik.

Sementara untuk merekam video, Anda bisa mengambil gambar bergerak dengan resolusi standard definition (SD) 480p dan high definition (HD) 720p sampai 1080p. Kualitas video hasil rekaman Find 5 bisa dibilang bagus.

Berikut adalah foto-foto hasil bidikan Find 5:

Foto siang hari di luar ruangan

Oppo Find 5- Foto di luar ruangan

Oppo Find 5 - Foto di luar ruangan (2)

Foto di dalam ruang dengan cahaya cukup

Oppo Find 5 - Foto di dalam ruang dengan cahaya cukup

Foto malam hari di luar ruangan dengan cahaya cukup

Oppo Find 5 - Foto pada malam hari di luar ruangan dengan cahaya cukup

Foto malam hari di luar ruangan dengan cahaya cukup dan memakai bantuan lampu kilat LED

Oppo Find 5 - Foto dengan bantuan lampu kilat pada malam hari di luar ruangan dengan cahaya cukup

Kesimpulan


Oppo Find 5 adalah ponsel yang bagus dari sisi konstruksi dan desain. Kualitas layar dan performanya juga patut diacungi jempol. Mata Anda akan dimanjakan ketika menikmati video definisi tinggi dan game dengan grafis 3D. Kualitas foto dan video dari kamera juga terbilang bagus.

KompasTekno kurang menyukai tampilan antarmuka Android yang dikostumisasi oleh Oppo. Hal ini membuat tampilan Find 5 menjadi kaku dan terpaku pada tampilan ikon yang serba kotak. Kustomisasi ini juga membuat navigasi di Find 5 menjadi kurang mulus. Rasanya seperti ada yang mengganjal saat Anda berpindah dari satu halaman ke halaman lain, atau saat berpindah tab dari aplikasi browser internet.

Kekurangan lain terletak di sisi baterai yang cepat habis. Yang satu ini bisa dimaklumi karena sudah jadi "penyakit umum" ponsel pintar Android. Pastikan Anda mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Oppo nampak serius bertarung dalam medan perang ponsel pintar Android, jika dilihat dari caranya mengembangkan teknologi dan menjalin kerjasama dengan distributor lokal. Produsen ini juga memberi garansi produk selama 2 tahun.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu soal layanan purna jual, termasuk klaim garansi dan kerusakan. Sepatutnya Anda mendapat layanan purna jual yang baik, sebagai bentuk tanggung jawab produsen terhadap konsumen. Oppo mengatakan telah membangun service center di kawasan Roxy, Jakarta Barat. Di tahun 2013, mereka janji akan membangun 16 service center, termasuk di Semarang, Surabaya, Medan, dan kota lainnya. Kita nantikan janji itu!

Spesifikasi lengkap Oppo Find 5

- Prosesor Qualcomm Snapdragon MDM9215M / APQ8064 Quad-core 1,5GHz Krait
- RAM 2GB
- Unit pemroses grafis Adreno 320
- Memori internal 16GB
- Sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean)
- Layar 5 inci jenis IPS LCD
- Resolusi layar 1.920 x 1.080 pixel
- Ketajaman layar 441 pixel per inci (ppi)
- Kamera 13MP dengan LED flash
- Kamera depan 1,9MP
- Baterai 2.500mAh
- Konektivitas GPRS, EDGE, HSPA, 3G, Bluetooth, WiFi, NFC, DLNA, WiFi Hotspot, MicroUSB, MicroSIM, konektor audio 3,5mm
- Bobot 165 gram
- Dimensi 141,8 x 68,8 x 8,9mm
- Harga Rp 5.499.000

Editor: Wicak Hidayat
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dunia Oppo

 

TERBARU
e-Business
Kamis, 30 Oktober 2014 16.44 WIB
Xiaomi Kini Sudah di Bawah Apple dan Samsung
Software
Kamis, 30 Oktober 2014 15.55 WIB
Google Fit Bisa Pantau Mobilitas Pengguna Android
Internet
Kamis, 30 Oktober 2014 14.57 WIB
Inilah Pesan Pertama yang Dikirim via Internet
Gadget
Kamis, 30 Oktober 2014 14.15 WIB
Lenggak-Lenggok Si Ramping Acer Liquid Jade
e-Business
Kamis, 30 Oktober 2014 13.42 WIB
Aplikasi Android dan iOS Meroket di Indonesia
TERPOPULER
Selasa, 28 Oktober 2014 10.21 WIB
Menkominfo: Internet Indonesia Sudah Kencang
Minggu, 26 Oktober 2014 17.38 WIB
Rudiantara, Menkominfo di Kabinet Kerja
Kamis, 23 Oktober 2014 17.23 WIB
Kaesang Putra Jokowi "Nge-blog" JKT48 dan Jomblo
Senin, 27 Oktober 2014 10.29 WIB
Mengenal Rudiantara, Menkominfo Kabinet Jokowi
Rabu, 29 Oktober 2014 09.25 WIB
OPPO N3 Akan Dirilis, Ini Inovasinya!
Selasa, 28 Oktober 2014 09.35 WIB
Onno W. Purbo Beri "PR" untuk Menkominfo
Rabu, 29 Oktober 2014 12.43 WIB
Bos Xiaomi: iPhone 6 Menjiplak HTC
Senin, 27 Oktober 2014 11.04 WIB
Ini Akun Twitter 21 Menteri Kabinet Jokowi
Jumat, 24 Oktober 2014 15.47 WIB
Nama Nokia Berakhir di Kelas Bawah