Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alicia Keys Cuma Tahan Setahun dengan BlackBerry

Kompas.com - 03/01/2014, 15:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CTV News
Alicia Keys (kiri) bersama mantan CEO BlackBerry Thorsten Heins ketika ditunjuk menjadi Direktur Kreatif Global BlackBerry dalam acara peluncuran BlackBerry 10, New York, 30 Januari 2013

KOMPAS.com - Pada akhir Januari 2013, Alicia Keys direkrut menjadi Direktur Kreatif Global di BlackBerry. Kini, kurang lebih setahun setelahnya, BlackBerry mengumumkan bahwa Keys akan meninggalkan jabatannya itu mulai 30 Januari mendatang.

"Kami telah mendapatkan kesempatan untuk bekerja dengan seseorang yang sangat berbakat dan bersemangat," tulis BlackBerry dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh CTV News.

Keterlibatan Keys dengan BlackBerry mengundang kritik karena penyanyi tersebut dipandang tak lebih dari seorang selebriti yang direkrut untuk menaikkan brand BlackBerry, meski memiliki jabatan korporat resmi.

BlackBerry tidak menjelaskan apa persisnya peran Keys dalam perusahaan. Produsen smartphone asal Kanada ini mengatakan bahwa Keys memiliki keterlibatan langsung dalam kegiatan operasional, misalnya dalam menyiapkan program beasiswa empat tahun yang mendorong para wanita muda untuk berkiprah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keys sempat terlihat mempromosikan sejumlah produk baru BlackBerry pada awal tahun 2013, tapi kemudian kurang terdengar setelah ponsel-ponsel tersebut ternyata gagal di pasaran.

Sebelum bergabung dengan BlackBerry, Keys dikenal sebagai pengguna setia Apple iPhone. Satu bulan setelah bekerja di perusahaan itu, Keys diketahui mengirim pesan Twitter dari iPhone sehingga membuat loyalitasnya terhadap BlackBerry dipertanyakan. Dia kemudian mengklaim bahwa itu terjadi karena akunnya menjadi korban peretasan.

BlackBerry sendiri kini tengah berada di tengah-tengah proses merumahkan sekitar 40 persen tenaga kerjanya. Perusahaan tersebut pada kuartal lalu menderita kerugian senilai 4,4 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com