Mati Empat Hari, iPhone Tetap Rekam Lokasi - Kompas.com

Mati Empat Hari, iPhone Tetap Rekam Lokasi

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 09/03/2014, 14:48 WIB
TechRadar
iPhone 5S
KOMPAS.com - Selama ini pengguna gadgethanya tahu kalau perangkatnya bisa dilacak lokasinya hanya saat perangkat tersebut menyala atau aktif. Namun, laporan terbaru mengatakan bahwa iPhone 5s bisa merekam lokasi empat hari setelah baterainya mati.

Fakta yang masih belum dikonfirmasi oleh Apple tersebut diungkap oleh pengguna iPhone 5s yang menulis di situs Redit dengan username Glarznak. Dalam postingannya, Glarznak mengaku iPhone 5s miliknya menyimpan data pergerakannya selama 4 hari walau dibiarkan mati.

Glarznak bercerita, "Saat bepergian ke luar negeri, kabel iPhone saya rusak dan iPhone 5s saya mati," tulis Glarznak. Ia pun memutuskan membiarkan iPhone-nya mati begitu saja.

Saat dirinya bisa mengisi ulang baterai iPhone 5s miliknya, Glarznak iseng-iseng ingin melacak pergerakannya selama liburan dengan menggunakan aplikasi Argus. Betapa terkejut dirinya mendapati bahwa ternyata data lokasi selama iPhone 5s-nya mati selama empat hari tetap terekam.

"Saya menggunakan Argus untuk melacak pergerakan saya, aplikasi ini menggunakan chip M7 yang terdapat dalam iPhone," tulis Glarznak. "Begitu pulang dari liburan dan mengisi ulang baterai iPhone, saya terkejut ternyata Argus tetap menmapilkan jumlah langkah saya selama empat hari iPhone tersebut mati," imbuhnya.

Nampaknya, co-processor M7 yang dimiliki iPhone 5s (dan kemungkinan tablet iPad baru), memiliki tenaga sendiri di luar baterai iPhone sehingga bisa bertahan selama empat hari dan masih bisa bekerja. Menurut Phone Arena, co-processor M7 dikembangkan Apple untuk mendeteksi gerakan.  "Saya kagum, namun juga terkejut," aku Glarznak.

Prosesor sekunder pendeteksi gerakan M7 tersebut dimanfaatkan oleh aplikasi kesehatan yang dimiliki Apple, namun tidak memiliki keterikatan dengan fitur GPS. Apple sendiri belum memberikan penjelasan resmi mengenai masalah ini.

Apapun penjelasan Apple nanti, dari kasus di atas kita mendapatkan hikmah bahwa pengguna sebaiknya memiliki pemahaman penuh atas perangkat yang digunakannya, informasi apa yang bisa dilacak, dan langkah apa yang diperlukan jika tidak menginginkan dirinya dilacak.

iPhone 5s milik Glarznak bisa dilacak selama dalam kondisi mati sebab dari awal dirinya mengaktifkan fitur pelacakan. Jika fitur tersebut dimatikan dari awal, maka iPhone miliknya juga tidak akan merekam data lokasi.

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM