Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Internet Cepat? Yuk, Gali Gorong-gorong

Kompas.com - 29/08/2014, 09:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi.

KOMPAS.com  Bagaimana cara mempercepat koneksi internet di Indonesia yang masih terbilang lamban dibandingkan negara-negara maju di dunia? Buat praktisi teknologi informasi (TI), Onno W Purbo, caranya tiada lain adalah dengan membangun jaringan kabel serat optik yang menghubungkan kota-kota dan daerah-daerah di Indonesia.

"Sulit kalau mengandalkan wireless, 3G saja dalam praktiknya hanya berkisar 1-2 Mbps. Harus dengan menggunakan fiber optic," kata Onno menjelaskan alasannya, ketika ditemui seusai acara peresmian Onno Center di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Nah, dalam rangka membangun jaringan serat optik tersebut, Onno mengusulkan agar dibuat semacam terowongan atau gorong-gorong penghubung yang menyambungkan antardaerah.

Hal ini dimaksudkan agar pihak penggelar jaringan tak perlu kembali menggali setiap kali akan menarik kabel baru. Gorong-gorong pun bisa dipakai untuk keperluan selain sebagai tempat kabel serat optik.

Pembangunan gorong-gorong itu disebutnya tak bisa hanya dengan mengandalkan operator karena biayanya akan sangat mahal.

"Makanya, harus dengan merangkul kepala-kepala daerah yang mau membangun," kata Onno. Dia mencontohkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang membangun Bandung Cyber City.

Begitu jaringan serat optik terbangun, barulah disalurkan secara wireless sebagai perantara terakhir ke pengguna. Soal last mile ini, Onno menambahkan bahwa daerah-daerah bisa memanfaatkan jaringan komputer swadaya RT/RW-net.

"Hanya saja, Kominfo harus mendukung dengan secara eksplisit menyatakan bahwa RT/RW-net bisa beroperasi tanpa perlu mengantongi izin ISP," tambah Onno.

Di samping itu, Onno menilai bahwa RT/RW-net sebenarnya menguntungkan bagi industri telekomunikasi dalam jangka panjang karena bisa mendatangkan trafik tanpa perlu investasi terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com