Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua iPhone Baru Terganjal di Tiongkok

Kompas.com - 11/09/2014, 10:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan dua iPhone barunya, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple mendapat ujian baru. Perangkat-perangkatnya itu diperkirakan akan telat dirilis di Asia, khususnya negara Tiongkok.

Tiongkok menjadi salah satu pasar terbesar Apple saat ini. Pada Rabu (10/9/2014), dilansir dari The New York Times, Apple mengatakan kepada tiga provider besar di negara itu bahwa iPhone 6 dan iPhone 6 Plus akan terlambat dijual dari waktu yang dijadwalkan.

Sejatinya, kedua iPhone baru itu akan mulai dijual di Tiongkok daratan pada 19 September mendatang. Operator-operator di Tiongkok pun sudah mulai mengiklankan iPhone baru tersebut.

Apple tidak mengatakan alasan penundaan penjualan tersebut. Namun menurut The New York Times, Apple mengalami kendala dengan pihak regulator telekomunikasi di Tiongkok.

Kemungkinan besar, dua iPhone baru itu belum mendapatkan sertifikasi dari Ministry for Industry and Information Technology di Tiongkok.

"Ada beberapa hal yang belum siap," ujar perwakilan dari China Telecom. "Apple benar-benar membuat kami kecewa, ini hal yang tidak diduga," imbuh perwakilan yang tidak mau disebut namanya itu.

Apple juga tidak mau memberikan penjelasan lebih lanjut atas penundaan peluncuran dua iPhone barunya itu di Tiongkok.

Perangkat Apple sebelumnya dicurigai bisa membocorkan rahasia negara oleh pemerintah Tiongkok. Pada Juli lalu, televisi pemerintah CCTV menyiarkan laporan bahwa fitur pelacak lokasi iPhone bisa mengungkap informasi rahasia pemerintah.

Rumor itu sudah dibantah oleh CEO Apple, Tim Cook. "Apple tidak memiliki akses fitur frequent locations, atau data yang tersimpan dalam iPhone, kami juga mengenkripsi cache dengan passcode milik pengguna dan terlindungi dari akses semua aplikasi," kata Cook kala itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com