Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Teknologi Ponsel "Anti Jatuh"

Kompas.com - 04/12/2014, 07:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Ilustrasi iPhone

KOMPAS.com - Kejadian ponsel jatuh memang untung-untungan. Sering kali ponsel jatuh dalam sudut sedemikian rupa sehingga selamat dari kerusakan parah.

Tapi ada kalanya juga perangkat itu mendarat persis di bagian layar sehingga retak berantakan.

Nah, bagaimana jika ponsel bisa dibuat "melakukan sesuatu" saat jatuh untuk meminimalisir kerusakan akibat benturan? Itulah ide di balik sebuah paten yang haknya baru diperoleh Apple minggu ini.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari BGR (4/12/2014), paten bernama "Mekanisme perlindungan untuk perangkat elektronik" tersebut mengusulkan semacam teknologi di mana ponsel bisa mengubah sudut benturan sesaat sebelum mencium tanah sehingga hanya mengalami kerusakan ringan.

Apple/ USPTO Salah satu diagram dalam paten mekanisme perlindungan untuk perangkat elektronik Apple


Dengan memakai aneka sensor yang sudah ada di smartphone seperti accelerometer, gyroscope, dan lain-lain, ponsel bisa langsung mendeteksi apabila sedang terjatuh.

Dalam waktu singkat ponsel kemudian bisa mengkalkulasi  arah benturan dan orientasi perangkat, lantas mengaktifkan mekanisme internal seperti motor getar untuk sedikit mengubah sudut.

Selain teknologi baru ini, bulan lalu Apple juga dikabarkan bakal memakai kaca berbahan safir untuk meningkatkan ketahanan layar iPhone generasi berikutnya dari benturan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com