"Kartini" Masa Depan Harus Melek Teknologi - Kompas.com

"Kartini" Masa Depan Harus Melek Teknologi

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 21/04/2015, 16:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang/KompasTekno Femaledev Summit di Jakarta, Selasa (21/4/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan perempuan inspiratif berkumpul di Gedung Carakaloka Kementerian Luar Negeri, Selasa (21/4/2015). Diskusi santai ihwal peran perempuan di era teknologi menjadi agenda utama acara " FemaleDev Summit 2015" yang diadakan Kibar hari ini.

FemaleDev adalah sebuah komunitas yang memiliki visi untuk mendorong perempuan menjadi pemimpin dan berkarya dengan pemanfaatan teknologi. Komunitas yang berdiri sejak 2013 ini diinisiasi oleh Kibar.

Bertepatan dengan Hari Kartini, FemaleDev dan Kibar ingin kembali memunculkan semangat kontribusi kaum perempuan di ranah teknologi.

Diharapkan, para pembicara hari ini mampu menginspirasi semua perempuan peserta konferensi. Dengan begitu, seterusnya bakal terjadi efek domino yang baik bagi kaum perempuan yang lebih luas.

Adapun para pembicara yang dimaksud di antaranya Betti Alisjahbana (mantan komisioner Garuda Indonesia), Putri Tanjung (penggagas CreativePreneur Event Creator), Hanifa Ambradar (CEO Female Daiky Network) dan masih banyak lagi.

CEO Kibar sekaligus inisiator FemaleDev Yansen Kamto, percaya bahwa teknologi mampu membantu perempuan berkarya dan mengaktualisasikan diri. "Perempuan bisa membuat perubahan bagi dunia dengan teknologi," kata dia.

Saat ini, 23 persen Menteri Kabinet Presiden Jokowi dan 17,3 persen anggota DPR RI adalah perempuan. Jumlah tersebut menggambarkan sekilas tentang peran perempuan pada peta kepemimpinan negara.

Namun, stereotip yang muncul dari penanaman tradisi puluhan tahun masih mendiskriminasikan posisi perempuan. Utamanya dalam peranan yang selama ini didominasi lelaki. Misalnya pada bidang teknokogi informasi.

Dengan konferensi tentang perempuan dan teknologi, perempuan di masa depan didorong untuk unjuk gigi di segala bidang.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorWicak Hidayat

Komentar
Close Ads X