Jokowi: Aplikasi Digital Bisa Bantu Ekonomi Rakyat Kecil - Kompas.com

Jokowi: Aplikasi Digital Bisa Bantu Ekonomi Rakyat Kecil

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 04/08/2015, 12:56 WIB
Yoga Hastyadi/ Kompas.com Dari kiri ke kanan: Plt. Gubernur Banten Rano Karno, Kepala BEKRAF Triawan Munaf, Presiden RI Joko Widodo, Menkominfo Rudiantara dan Menperin Saleh Husin dalam Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Selasa (4/8/2015).

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi menyatakan teknologi memegang peran penting untuk menyokong pertumbuhan industri kecil, misalnya pertanian atau nelayan.

"Ya memang, ekonomi tradisional kita perlu sentuhan aplikasi yang memudahkan mereka," ujarnya dalam Dialog Komunitas Kreatif dengan Presiden di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Selasa (4/8/2015).

Presiden berkaca pada Go-Jek, usaha rintisan lokal yang menghubungkan para tukang ojek dengan dunia digital sehingga bisa mendapatkan penumpang dengan lebih mudah. Harapannya, metode serupa bisa diterapkan pada pelaku ekonomi kecil lainnya.

Misalnya untuk nelayan, dia membayangkan agar mereka bisa menggunakan aplikasi untuk memperoleh informasi soal cuaca atau lokasi-lokasi ikan sebelum melaut. Sedangkan bagi petani, bisa saja dipasok informasi cuaca dan harga di pasar sehingga  membantu mereka ketika bercocok tanam.

" Aplikasi-aplikasi seperti itu yang bisa membantu yang (industri) kecil-kecil terangkat," ujar Jokowi.

"Saya kira ke depan industri kreatif berbasis budaya atau teknologi akan jadI masa depan kita. Ini butuh perhatian khusus dari pemerintah," tegasnya.

Menurut Jokowi, salah satu perhatian pemerintah terhadap hal tersebut diwujudkan lewat pengembangan roadmap e-commerce. Peta pengembangan itu sedang dalam diproses oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dalam kesempatan berbeda, beberapa bulan lalu, Menkominfo Rudiantara juga sudah menegaskan pihaknya sedang menggarap roadmap ecommerce yang dimaksud. Dia berjanji rencana tersebut akan rampung pada bulan Agustus 2015 ini.

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorOik Yusuf
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM