Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Tertipu Spotify Palsu di App Store

Kompas.com - 30/03/2016, 15:27 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring hadirnya layanan musik streaming Spotify di Indonesia, mulai muncul aplikasi "bodong" atau tiruan yang bermaksud menipu, khususnya bagi pengguna platform iOS.

Pantauan KompasTekno, pagi ini, Rabu (30/3/2016), ada dua aplikasi bernama "Spotify Music" yang muncul di Apple App Store.

Aplikasi pertama tersedia secara gratis. Sementara, "Spotify Music" lainnya baru bisa diunduh ketika pengguna sudah membayar Rp 75.000.

Managing Director Spotify Asia Sunita Kaur memastikan bahwa aplikasi kedua itu sebagai yang palsu.

"Kami sudah mengetahui pagi ini ada aplikasi Spotify yang beredar di iOS dan meminta pengguna membayar saat ingin mengunduh, kami pastikan aplikasi itu palsu," ujar Sunita kepada KompasTekno di sela-sela acara peluncuran Spotify di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

ist Aplikasi Spotify palsu di App Store.
Jika ditelisik lebih lanjut, aplikasi palsu itu memiliki logo dan font yang mirip dengan aslinya, namun mencantumkan nama developer Nicolas Casellas. Aplikasi Spotify Music yang asli sendiri menggunakan nama Spotify Ltd.

Oleh karena itu, pastikan dulu nama developer sebelum mengunduh aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi tersebut tersedia secara gratis.

"Kami sudah melaporkannya ke pihak Apple dan butuh waktu untuk menurunkannya dari App Store," ujar Sunita.

Spotify versi iOS yang asli bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com