Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Sopir, Mobil Uber Mondar-mandir di Jalanan

Kompas.com - 20/05/2016, 09:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selain Google, Uber rupanya juga getol menguji teknologi mobil tanpa sopir (driverless) yang bisa menyetir sendiri tanpa butuh bantuan manusia.

Penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi itu baru saja merilis foto resmi dari driverless car miliknya yang sedang diujicoba mondar-mandir di jalanan kota Pittsburgh, AS.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (20/5/2016), mobil tersebut adalah model Ford Fusion hybrid yang menurut Uber dilengkapi dengan radar, pemindai laser, dan kamera resolusi tinggi untuk memetakan lingkungan.

Baca: Uber Uji Mobil Tanpa Sopir

“Uber baru melakukan langkah awal dalam teknologi mobil tanpa sopir, tapi setiap hari kami melihat peningkatan,” tulis Uber dalam posting blog berisikan pengumuman.

“Untuk saat ini, kami fokus menciptakan teknologi yang benar dan menjamin keselamatan para pengguna jalan lain, baik pejalan kaki, pesepeda, maupun pengemudi lain,” tambah perusahaan yang berbasis di San Francisco itu.

Baca: Dicorat-coret, Ini Tampang Baru Mobil Google

Dalam uji cobanya, mobil driverless Uber selalu ditemani seorang pengemudi manusia yang siap mengambil alih kemudi, berjaga-jaga kalau-kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Uber sebenarnya sudah kepergok tengah menyiapkan uji coba mobil tanpa sopir sejak tahun lalu dengan mendirikan Advanced Technologies Center di Pittsburgh, AS.

Kota itu segaja dipilih karena memiliki kondisi lalu lintas menantang dengan jalan-jalan sempit, infrastruktur yang mulai menua, serta cuaca yang sering hujan dan bersalju.

Meskipun Google adalah perusahaan yang paling transparan soal teknologi driverless car, kebanyakan pakar lebih mencermati perkembangan Uber dalam sektor ini. Kedua perusahaan diketahui tengah mendesak legalisasi mobil tanpa sopir di AS dengan dukungan sejumlah vendor otomotif.

Baca: Google dan Uber Desak Legalisasi Mobil Tanpa Sopir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com