Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Tuding Avaya Langgar Paten

Kompas.com - 05/08/2016, 13:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry dikabarkan mengajukan tuntutan hukum kepada perusahaan telepon internet AS, Avaya. Menurut BlackBerry, Avaya telah melanggar delapan paten teknologi yang dimilikinya.

Delapan teknologi tersebut, seperti dikutip KompasTekno dari Ars Technica, Jumat (5/8/2016), didaftarkan BlackBerry dalam rentang 1998 hingga 2011 lalu.

Beberapa di antaranya adalah paten teknologi untuk meng-coding data video, cara menampilkan pesan di ponsel, melacak lokasi ponsel, kompresi suara, metode routing, kriptografi, dan teknologi integrasi ponsel ke dalam jaringan PBX.

Adapun teknologi-teknologi dituduhkan dipakai oleh Avaya untuk beberapa produknya, seperti sistem konferensi video, Avaya Communicator untuk iPad, produk yang menghubungkan pengguna mobile dengan sistem IP Office, dan berbagai telepon berbasis IP.

Menurut BlackBerry, pihaknya telah memberi peringatan kepada Avaya atas produk-produknya yang diduga melanggar hak paten BlackBerry pada 17 Desember 2015 lalu.

Tuntutan BlackBerry diajukan ke pengadilan di Texas pada minggu pertama bulan Agustus ini. Texas juga menjadi negara bagian dimana Avaya berkantor dan menjalankan bisnisnya.

Sebelumnya, BlackBerry juga telah menggugat Cisco atas sejumlah paten yang dianggap melanggar. Cisco pada akhirnya harus membayar biaya lisensi kepada BlackBerry yang nilainya tidak disebutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com