Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer "Error", 870 Penerbangan Dibatalkan

Kompas.com - 09/08/2016, 14:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber NBC News

KOMPAS.com - Sistem komputer maskapai AS, Delta, mendadak kacau pada Senin (8/8/2016) kemarin. Mekanisme check-in dan jadwal di layar bandara untuk penerbangan Delta di seluruh dunia mandek begitu saja. Bahkan aplikasi smartphone maskapai yang bersangkutan pun ikut kena imbas.

“Sistem kami down di semua tempat,” kicau akun Twitter Delta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari NBC News, Selasa (9/8/2016).

Akibat error yang terjadi secara global itu, sebanyak 870 penerbangan Delta dibatalkan. Dari 6.000 penerbangan terjadwal, yang bisa beroperasi tak sampai 1.700. Itu pun para staf Delta di bandara terpaksa membagikan boarding pass yang ditulis tangan secara manual.

Puluhan ribu penumpang terdampar di bandara-bandara di seluruh dunia. Meski sistem komputernya sudah mulai pulih, Delta mengingatkan bahwa delay dan pembatalan penerbangan masih akan berlanjut hingga beberapa waktu ke depan.

Apa yang terjadi? Rupanya sistem komputer pusat Delta di Atlanta, AS, tumbang akibat mati listrik.

“Setelah listrik mati, sejumlah elemen kritis dan perangkat jaringan gagal beralih ke sistem backup,” ungkap Delta dalam sebuah posting berisi penjelasan di situs miliknya. Kasus ini sekarang tengah diselidiki kenapa bisa terjadi.

Pihak maskapai memberikan berbagai kompensasi untuk penumpang, seperti pembebasan biaya ganti penerbangan, refund, booking ulang, hingga akomodasi, dan tempat penginapan untuk para penumpang yang terdampar. Belum diketahui kapan masalah teknis ini akan selesai sepenuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com