Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Allo, Pesaing WhatsApp Hadir di Indonesia

Kompas.com - 23/09/2016, 08:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Tak butuh waktu lama bagi Google untuk memboyong aplikasi chatting Allo ke Indonesia. Setelah diluncurkan di beberapa negara pada Rabu (21/9/2016) lalu, pesaing WhatsApp ini sudah bisa diunduh oleh pengguna Tanah Air per hari ini, Jumat (23/9/2016).

Anda cukup bertandang ke toko aplikasi Play Store atau App Store untuk menginstal Allo di perangkat Android atau iOS. Selanjutnya, Anda bisa merasakan pengalaman chatting yang informatif dengan bantuan Google Assistant.

Pantauan KompasTekno, ketika masuk ke aplikasi Allo, Anda akan diminta mendaftar dengan memasukkan nomor telepon. Setelah mendapat kode verifikasi via SMS, Anda bisa beranjak ke tahap berikutnya, yakni membidik selfie atau mencomot foto dari galeri sebagai foto profil.

Allo juga meminta izin untuk mengakses kontak, lokasi, dan data-data lainnya dari akun layanan Google yang Anda miliki.

Allo memiliki tampilan antarmuka yang mirip WhatsApp, seperti ikon foto profil bulat, akses kontak, hingga notifikasi tanda centang satu atau dua, untuk membedakan pesan telah terkirim atau dibaca.

Bedanya, pengguna bakal diberi tiga pilihan menggunakan Allo: chatting personal, chatting grup, dan chatting dengan Google Assistant.

Pada chatting personal maupun grup, Google Assistant membantu Anda menjawab pertanyaan dari lawan chatting. Hal ini didasarkan pada kebiasaan.

Misalnya, Anda menyapa "hallo" (halo), lantas teman menjawab "hallo" juga. Google Assistant bakal menyuguhkan opsi balasan di bar tulisan "how are you?" (apa kabar?). Jika ingin memakai kata-kata itu sebagai balasan, cukup tekan bar tersebut. Jika tidak, Anda bisa mengetik sendiri balasan yang diinginkan. 

Google Antarmuka Google Allo.

Hal paling menarik adalah chatting langsung dengan Google Assistant. Asisten digital tersebut sangat interaktif dan informatif.

Google Assistant mampu menjabarkan semua informasi yang berseliweran di internet. Misalnya saja ketika Anda menanyakan restoran/cafe terdekat, sejarah pembangunan suatu kota, informasi cuaca, hingga resep makanan.

Anda juga bisa meminta Google Assistant di Allo untuk memperlihatkan daftar e-mail masuk di tanggal tertentu, melihat agenda di kalendar, dan hal-hal lainnya yang terhimpun di akun Google Anda.

Bahkan, Anda bisa meminta Google Assistant di Allo untuk menampilkan foto tertentu dari Google Photos. Cukup gunakan bahasa sehari-hari seperti "show me my pictures of dog" (tunjukan foto-foto anjing saya), lalu sekejap Anda bisa mengakses konten yang Anda inginkan di Allo.

Tak cuma informatif saat diminta, Google Assistant di Allo juga punya inisiatif yang besar. Anda bakal ditawarkan untuk subscribe ke berita harian, puisi, maupun informasi penting lainnya. Tak lupa, Allo pun menanyakan jam berapa waktu yang Anda inginkan untuk membaca konten yang di-subscribe.

Dengan kehadiran Google Assistant di Allo, Anda tak perlu bolak-balik menjajal banyak aplikasi. Dua inti penjajalan internet toh sudah tersedia di satu platform, yakni berkomunikasi dan mencari informasi.

Baca: Snowden: Jangan Pakai Google Allo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com