Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Android "Om Telolet Om" Banjiri Play Store

Kompas.com - 21/12/2016, 16:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - "Om telolet om," kalimat singkat itu kini banyak terdengar di media sosial. Fenomenanya pun kini telah mewabah hingga dunia internasional dan melibatkan sejumlah selebritas mancanegara.

Para pembuat aplikasi untuk smartphone pun tak mau ketinggalan. Mereka sudah mulai memajang aneka software yang berkaitan dengan "telolet" di toko aplikasi Android Google Play Store, bahkan sejak beberapa bulan lalu.

Dari penelusuran KompasTekno pada Rabu (21/12/2016), pencarian kata "telolet" di Play Store bakal membuahkan puluhan aplikasi dalam hasil search.

Seusai dengan kata "telolet" yang merujuk kepada bunyi klakson bus antar-kota di Indonesia, sebagian besar berupa aplikasi untuk menghasilkan bunyi-bunyian atau ringtone dengan nada serupa.

Baca: Kumpulan Video Kocak Om Telolet Om yang Ramai di Medsos

Sebagian aplikasi terlihat berhasil mengumpulkan angka download yang relatif banyak. Aplikasi berjudul Klakson Telolet (Big Bus Horn) yang terakhir diperbarui pada akhir Juli lalu, misalnya, memilki angka unduhan lebih dari 500.000.

"Ini adalah simulasi bunyi klakson bus besar di Indonesia. Ada 72 macam bunyi 'telolet', dan 8 lagi yang bisa Anda tambah sendiri dengan tab MOD dan ratusan lagi yang bisa diunduh dengan tab DL," tulis pengembang Klakson Telolet dalam deskripsi aplikasinya.

Aplikasi lain yang bernama Klakson Telolet Po Garuda Mas mengkhususkan diri pada variasi bunyi klakson salah satu pengelola bus antar kota.

"Mereka memiliki berbagai variasi bunyi klakson unik dan menarik seperti lagu dangdut, lagu nasional, dan masih banyak lainnya," sebut si pembikin game menuturkan alasannya fokus kepada pengelola bus dimaksud.

Daftar aplikasi "telolet" selengkapnya bisa dicari di toko Google Play Store dengan memasukkan kata kunci "telolet". Berbeda dari platform Android, toko aplikasi iOS Apple App Store sama sekali tidak memuat aplikasi bertema "telolet"

Baca: Om Telolet Om Justru Jadi Juara di Trending Topic Dunia  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com