Sore Ini, Jaringan Internet XL Tumbang - Kompas.com

Sore Ini, Jaringan Internet XL Tumbang

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 21/06/2017, 17:04 WIB
XL Axiata Teknisi sedang melakukan perawatan BTS XL di Yogyakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan internet XL Axiata (XL) tumbang pada Rabu (21/6/2017) sore. Akibatnya, pengguna tidak bisa mengakses berbagai aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.

General Manager Corporate Communication PT XL Axiata, Tri Wahyuningsih (Ayu) mengatakan kepada KompasTekno, "Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan XL karena sempat terdapat gangguan jaringan sekitar pukul 15.45."

"Kami sudah secepatnya melakukan pengecekan dan upaya perbaikan, sehingga saat ini jaringan sudah berangsur normal kembali dan dapat digunakan oleh pelanggan," imbuh Ayu.

Saat ditanya apa penyebab jaringan internet XL tumbang, Ayu mengaku masih berkoordinasi dengan pihak internet XL.

"Mohon maaf saat ini kami belum dapat menyampaikan (penyebab layanan internet tumbang)," demikian tanggapan Ayu.

Keluhan di Twitter

Tumbangnya internet itu diumumkan melalui akun resmi XL di Twitter, @MyXLCare, pada pukul 16.00 WIB.

Selamat sore Tweepscare, mohon maaf saat ini sedang tidak bisa akses internet untuk seluruh area Nasional. Mohon ditunggu updatenya,” kicau akun tersebut.


Sementara itu, para pengguna mulai melontarkan keluhan melalui akun Twitter masing-masing. Keluhan ini antara lain dikicaukan oleh mereka yang berada di Denpasar, Bekasi, hingga Pasuruan.

Jalan suradipa br. gunung denpasar xl nya gangguan ya min. please dibenerin,” kicau pengguna atas nama Gde Danang (@danangwirawan).


XL sedang ada gangguan kah di Bekasi? kok signal saya ilang-ilangan ya,” keluh pengguna atas nama Devi Faradhilah (@defaradhil).


Durasi kehilangan sinyal internet ini tampaknya berbeda-beda. Pasalnya, ada pengguna yang mengeluh kehilangan sinyal sejak sejam lalu, ada juga yang baru sekitar 15 menit.

Tolong infonya apakah ada gangguan jaringan di area Sukoharjo, Pasuruan, Jatim. Karena sinyal XL menghilang sejak sejam lalu,” kicau akun Twitter Sujarmiko Pujitono (@Mike_Pujitono)


XL sama Axis lagi gangguan ? Dari 15 menit lalu ga ada sinyaal. Kompak bener kalo eror bareng-bareng. Payah lah,” keluh akun lainnya atas nama Satria Budi Dharma (@satriabudidh).

KompasTekno sendiri mengalami gangguan tersebut pada pukul 16.20. Gangguan terjadi selama 15 menit, dan kembali normal pada 16.35.

Kami telah menghubungi pihak XL untuk meminta keterangan mengenai gangguan tersebut. Pihak XL sendiri berjanji akan segera merilis pernyataan resmi.

Baca juga:


PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorDeliusno

Komentar
Close Ads X