Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Detail Kamera Ganda Galaxy Note 8, Beda dengan Lainnya?

Kompas.com - 15/08/2017, 11:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Bocoran-bocoran spesifikasi dan gambar sejauh ini mengindikasikan bahwa Galaxy Note 8 bakal dibekali dengan modul kamera ganda di bagian punggung.

Belakangan,sebuah informasi terbaru yang beredar di internet mengungkap detail spesifikasi dari kamera ganda dimaksud. Disebutkan bahwa kedua kamera Galaxy Note 8 bakal memiliki resolusi berbeda, yakni 12 megapiksel dan 13 megapiksel.

Masing-masing kamera ini sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (15/8/2017), dibekali dengan spesifikasi lensa berbeda. Satu kamera mengusung lensa sudut lebar (wide), sementara satu lagi telephoto.

Focal length lensa telephoto diperkirakan sebesar 2x dari lensa wide angle (misalnya: 56 mm, sementara wide angle 28 mm - ekuivalen full-frame). Konfigurasi tersebut mirip-mirip dengan sebagian ponsel kamera ganda yang sudah beredar lebih dulu.

Baca: Kamera Utama Galaxy Note 8, Ganda dan Belum Pernah Ada di Dunia

Tapi uniknya, baik lensa optik wide maupun tele pada Galaxy Note 8 diduga akan sama-sama dibekali fitur peredam goyangan, alias Optical Image Stabilizer (OIS).

Biasanya, ponsel kamera ganda dengan konfigurasi lensa wide + tele hanya menerapkan OIS pada lensa wide saja, sementara lensa tele dibiarkan tanpa OIS.

Lensa tele iPhone 7 Plus (56 mm ekuivalen full-frame), misalnya, tak memiliki OIS. Begitu pula dengan lensa tele di Xiaomi Mi 6 (52 mm ekuivalen full frame) dan Asus ZenFone Zoom S (59 mm ekuivalen full-frame) yang tanpa OIS.

Belum ada informasi berapa focal length untuk masing-masing lensa wide dan tele pada Galaxy Note 8.

Sejauh ini, kebanyakan ponsel kamera ganda menerapkan konfiguasi lensa wide ekuivalen full-frame di kisaran 25-28 mm (wide angle) dan lensa tele di kisaran 50 mm (normal, short tele).

Dengan kata lain, umumnya lensa tele pada ponsel kamera ganda memiliki focal length sebesar 2x lensa wide, yang sering disalah-kaprahkan sebagai “2x optical zoom”.  Yang dilakukan sebenarnya bukan mekanisme “zoom”, tapi berganti lensa dari fix wide ke fix tele.

Apabila benar memiliki konfigurasi kamera ganda wide + zoom, maka Galaxy Note 8 seharusnya juga akan mampu mengambil foto portrait dengan background blur (“bokeh”), hasil simulasi depth of field.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com