5 Pertimbangan untuk Membeli Galaxy Note 8 Halaman 1 - Kompas.com

5 Pertimbangan untuk Membeli Galaxy Note 8

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 28/08/2017, 11:18 WIB
Galaxy Note 8 memiliki kamera utama dengan dua lensa termutakhir dengan dual pixel, dual OIS, serta tele dan wide.Samsung Galaxy Note 8 memiliki kamera utama dengan dua lensa termutakhir dengan dual pixel, dual OIS, serta tele dan wide.

KOMPAS.com - Penantian itu usai sudah. Setelah puasa satu tahun, fans Galaxy Note kini bisa bernafas lega dengan dirilisnya Galaxy Note 8 oleh Samsung, pekan lalu di New York. Galaxy Note 8 mulai bisa dipesan pada 8 September 2017 mendatang di Indonesia.

Sembari menunggu Galaxy Note 8 resmi dijual di masing-masing negara, termasuk Indonesia, mari menimbang bersama, layakkah melakukan upgrade ke Galaxy Note 8?

Untuk memutuskan layak atau tidaknya mengganti ponsel lama Anda ke Galaxy Note 8, ada lima pertimbangan yang perlu diperhatikan, seperti desain, hardware, kamera, fungsionalitas, dan sebagainya.

1. Desain

Dari segi desain, Galaxy Note 8 mengusung bodi berbahan logam berlapis kaca, layar ukuran 6,3 inci, menjadi ukuran layar terbesar di lini Galaxy Samsung, dan aspek rasio menyerupai Galaxy S8, yakni 18,5:9.

Jika Anda saat ini menggunakan Galaxy Note 5 dan kepengin memiliki Galaxy Note dengan desain yang membulat, maka ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan upgrade. Galaxy Note 8 juga bisa menjadi penyegaran bagi pengguna Galaxy S7 Edge atau Galaxy S6 Edge.

Satu-satunya yang bisa menjadi faktor penghambat di sisi desain adalah, letak sensor sidik jari (fingerprint) yang berada di belakang, di sisi lampu LED flash. Letak sensor pemindai sidik jari itu tidak berada di tengah, bisa jadi orang tidak nyaman dengannya.

2. Layar

Layar 6,3 inci dengan aspek rasio 18,5:9 memberikan pandangan sinematik. Terlebih dengan desain bingkai sisi yang nyaris tanpa tepi.

Melihat ke spesifikasi layar Super AMOLED-nya, Samsung membenamkan resolusi 1440 x 2960 piksel (QHD+), sehingga tingkat kerapatannya menjadi 529 PPI (pixel per inch).

Layar Galaxy Note 8 juga didesain agak melengkung di sisi kanan dan kiirnya. Namun lengkungan itu tak semelengkung lini Galaxy Edge Samsung. Jika Anda masih suka dengan desain flat di Galaxy Note 5, maka tak perlu repot upgrade.

Namun jika Anda suka dengan desain melengkung, maka Galaxy Note 8 layak untuk dipertimbangkan.

Standar 18,5:9 memang hal yang baru di dunia smartphone, begitu juga dengan resolusi HDR10 yang diusung Samsung. Butuh waktu bagi industri media untuk mempopulerkannya ke masyarakat, jadi konten-kontennya pun masih belum banyak.

Di sisi lain, jika Anda adalah orang yang selalu ingin merasakan paling pertama, maka sah-sah saja jika ingin mencoba sensasi format dan resolusi layar baru ini lewat Galaxy Note 8. Meski demikian, konten format 16:9 masih tetap bis dinikmati dengan baik di format 18,5:9.

3. Hardware

Galaxy Note 8 harus diakui mengusung spesifikasi tertinggi yang dimungkinkan oleh smartphone keluaran saat ini. Tengok saja chip Snapdragon 835, (atau Exynos 8895 di luar AS), RAM 6 GB, pilihan penyimpanan internal 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Jika Anda ingin memiliki smartphone dengan spek terunggul yang ada di pasar saat ini, maka tak perlu lagi berpikir, segera upgrade ke Galaxy Note 8.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, dari segi hardware, chip Exynos 7420 di Galaxy Note 5 memang tergolong sudah uzur, namun spesifikasi RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB masih relevan jika dimiliki saat ini.

Meski demikian, slot MicroSD untuk ekspansi penyimpanan mungkin menjadi pertimbangan serius, sebab fitur ini tidak tersedia di Galaxy Note 5. Di Galaxy Note 8, Samsung menyediakan slot SIM card hybrid yang salah satunya bisa dipasangi kartu micro SD hingga 256 GB.

Page:
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM