Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram "4 Baris" Bikin Tata Letak Foto Ambyar, Netizen Protes

Kompas.com - 18/09/2017, 06:44 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Instagram agaknya sedang menguji coba tampilan baru pada layanan berbagi fotonya. Alih-alih menampilkan tiga foto berjejer alias “3 baris” di halaman Home akun pengguna, Instagram menampilkan "4 baris."

Pembaruan desain ini belum diumumkan secara resmi, namun sudah ada pengguna yang merasakan perubahan pada akun mereka. Sayangnya, tampilan Instagram 4 baris ini kurang mendapat sambutan positif.

Banyak yang mengeluhkan tampilan itu di Twitter. Kebanyakan yang mengeluh karena tata letak foto di halaman Home mereka yang sudah diatur sedemikian rupa menjadi ambyar atau berantakan, karena sebelumnya sudah disesuaikan dengan pakem 3 baris (tiga foto berjajar).

“Saya bersumpah jika @instagram berganti menjadi 4 baris saya akan protes. Saya telah menghabiskan bertahun-tahun untuk menyempurnakan linimasa. Jangan rusak itu. Tolong jangan ada pembaruan 4 baris,” kata akun @ikonfinite1509.

"Instagram lain menunjukkan 4 baris? Ini akan menghancurkan segalanya," kata akun @louannedias.

Bahkan, ada yang mengancam bakal menghapus aplikasi Instagram dari smartphone-nya jika pembaruan itu benar-benar diresmikan untuk semua pengguna, sebagaimana pantauan KompasTekno, Senin (18/9/2017).

Baca: Foto di Album Instagram Kini Tak Harus Kotak

“Hari saya mendapat pembaruan 4 baris @instagram saya akan uninstall,” kata akun @vishakhasodha.

Berbagai keluhan datang dari pengguna Instagram lintas negara alias global. Di Tanah Air, keluhan serupa deras mengalir di Twitter.

“Instagram jadi 4 grid, feed aing ancur dah,” kata akun @Sassaamalia.


Memang, pengguna Instagram kerap merapikan tampilan foto yang dijejer di halaman Home mereka dengan konsep tertentu. Ada yang menyamakan tone warna tiap 3 baris, ada juga yang mengatur sedemikian rupa agar satu foto tampil lebih besar dengan memotong bagian-bagiannya menjadi beberapa baris.

Untuk pengaturan yang demikian, pengguna Instagram mengira-ngira dengan patokan 3 foto kotak berjejer. Jika tampilan Instagram berubah menjadi 4 foto berjajar diresmikan, pengaturan itu bakal ambyar dan tak apik dipandang mata.

Instagram sendiri belum angkat bicara soal tampilan 4 baris maupun protes yang ramai dilayangkan netizen. Kita tunggu saja apakah perubahan tampilan itu bakal dirilis resmi, ditunda, dibatalkan, atau ada opsi lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com