Apple Butuh 5 Tahun Garap iPhone X - Kompas.com

Apple Butuh 5 Tahun Garap iPhone X

Kompas.com - 11/10/2017, 07:11 WIB
iPhone X memiliki desain layar nyaris tanpa bezel, sejumlah kamera, speaker dan sensor disematkan di tepi atasnyaApple iPhone X memiliki desain layar nyaris tanpa bezel, sejumlah kamera, speaker dan sensor disematkan di tepi atasnya

KOMPAS.com - Pengembangan iPhone X yang bakal memulai debutnya di pasaran sebentar lagi ternyata membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apple membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk itu hingga akhirnya iPhone X siap untuk diluncurkan tahun ini.

Dalam wawancara di acara Tech Fest yang diadakan The New Yorker di New York City akhir pekan lalu, Chief Design Officer Jony Ive mengungkapkan, pengembangan iPhone baru tersebut menghabiskan waktu selama setengah dekade atau lima tahun.

"Teknologi itu (iPhone X) dikerjakan selama lima tahun, dan kami memiliki purwarupa sebesar ini," kata Jony Ive.

Dengan kata lain pada saat Apple meluncurkan iPhone 5 yang memiliki layar 4 inci pada tahun 2012 lalu, Apple sudah mulai mengerjakan prototipe iPhone X yang mengusung layar jumbo berukuran 5,8 inci.

Baca: Pujian dan Kritik untuk iPhone X

Bukan tanpa hambatan, pengembangan iPhone X tidak semudah yang dibayangkan. Jony Ive mengatakan Apple menemui banyak sekali kegagalan dalam mengerjakan iPhone generasi baru yang tak dilengkapi sensor Touch ID tersebut.

"Sebanyak 99 persen dari waktu yang digunakan (dari 5 tahun), pengembangan iPhone X kebanyakan gagal," kata Jony Ive.

Meski menghadapi banyak tantangan, Jony Ive mengatakan yang paling diingatnya dalam pengembangan iPhone X bukan produk jadinya melainkan prosesnya untuk menciptakan produk yang mengagumkan.

"Apa yang saya ingat sebagian besar bukanlah tentang produknya, tetapi proses pembuatannya," ujar Jony Ive.

Mengenai kegagalan demi kegagalan yang dihadapi Apple, Jony Ive mengatakan kegagalan itu tidak menarik. Dia juga mengakui bahwa Apple melakukan banyak kesalahan namun dia percaya kesalahan tidak datang dari seorang pemalas yang yakin sesuatu tidak bakal berhasil.

Apple disebutkan adalah sekelompok orang yang khawatir. Mereka khawatir dengan orang-orang yang umumnya menganggap hal yang dikerjakan tidak bakal berhasil kecuali Apple mampu membuktikan hal sebaliknya.

Sebelumnya, pengembangan kamera TrueDepth yang mampu mengenali wajah pengguna juga memerlukan waktu yang cukup lama. Apple sudah menyiapkan teknologi tersebut selama tiga tahun.

iPhone X sendiri bakal segera masuk sejumlah pasaran dunia pada tanggal 3 November mendatang. Dengan waktu pengembangan yang cukup lama, tak heran iPhone premium yang dibanderol mulai 999 dollar AS atau sekitar Rp 13 juta tersebut digadang-gadang bakal sukses di pasaran.

=======

*Artikel ini sebelumnya telah dimuat di MakeMac.com. MakeMac.com merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorDeliusno
Sumber
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM