Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Note 8 Bakal Dibekali Teknologi AR Google

Kompas.com - 20/10/2017, 18:20 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Samsung menjalin kerja sama dengan Google untuk menghadirkan ARCore, platform augmented reality (AR) bikinan raksasa internet itu. Nantinya platform tersebut akan hadir juga di smartphone Samsung.

Sebagai langkah awal, platform ARCore akan hadir di smartphone anyar Samsung, seperti Galaxy S8 dan Note 8. Selain itu, platform tersebut hadir juga di sistem smartphone Google Pixel.

Setelah itu, keduanya berjanji untuk menghadirkan ARCore di berbagai seri smartphone Samsung lainnya.

Kolaborasi antar dua perusahaan ini memberi sinyal bahwa persaingan antara Google- Samsung dan Apple semakin ketat. Sebelumnya, Apple mengumumkan bahwa pihaknya akan serius pada pengembangan AR melalui ARKit.

Kerja sama ini memungkinkan Google dan Samsung dapat menjangkau pasar yang lebih banyak. Mengingat dua perusahaan ini memiliki jumlah pengguna yang cukup besar,bukan tidak mungkin untuk Google dan Samsung bisa meraih angka penjualan lebih banyak.

Baca juga : YouTuber Ini Bikin Lagu dari Suara Google Translate, Hasilnya?

Kerja sama antara Google dan Samsung sebetulnya bukanlah hal baru. Sejak awal 2010, keduanya telah melengkapi satu sama lain. Kolaborasi antara sistem Android dan rangkaaan produk ponsel Galaxy menjadikan Google dan Samsung sebagai perusahaan teknologi kelas atas.

ARCore sendiri merupakan hasil evolusi dari proyek sebelumnya, Tango, yang memungkinkan pengguna melakukan kegiatan berbasis AR dalam jarak tertentu seperti mengukur jarak antar panggung.

Saat ini, ARCore hanya tersedia untuk pengembang dan baru bekerja pada perangkat Pixel yang menjalankan perangkat Android 7.0 "Nougat".

Ke depannya, Google menargetkan 100 juta pengguna ARCore pada akhir periode. Untuk mewujudkan ambisinya, Google akan menggadeng produsen lain seperti Huawei, LG dan Asus.

Baca juga : Induk Google Siapkan Armada Drone Pengantar Makanan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com