Mozilla Luncurkan Browser Firefox Khusus Indonesia - Kompas.com

Mozilla Luncurkan Browser Firefox Khusus Indonesia

Oik Yusuf
Kompas.com - 08/11/2017, 17:11 WIB
Ilustrasi Firefox Rocket.Mozilla Ilustrasi Firefox Rocket.

KOMPAS.com - Di Indonesia, perangkat mobile menjadi alat utama untuk mengakses internet dengan proporsi hampir 70 persen, dibanding komputer desktop dan laptop yang hanya 28 persen, menurut laporan We Are Social Report, Januari lalu.

Meski demikian, riset internal yang dilakukan oleh Mozilla menemukan bahwa 40 persen pengguna internet muda di Indonesia tak puas dengan kinerja browser mobile default karena dinilai lamban.

Oleh sebab itulah, Mozilla merilis peramban Android baru bernama Firefox Rocket yang didesain khusus untuk pengguna di Indonesia. Firefox Rocket diklaim mampu menelusuri laman-laman web dengan cepat meski koneksi internet lelet, dengan bantuan fitur-fitur khusus.

“Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode (di Firefox Rocket) yang memblokir iklan untuk menyimpan data,” sebut Mozilla dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (8/11/2017).

Baca juga : Mozilla Nyatakan Putus Hubungan dengan Google

“Jika Anda ingin lebih hemat lagi, Anda dapat dengan mudah memblok loading gambar (Block Images) dan menggunakan fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline,” imbuh Mozilla.

Firefox Rocket turut menyediakan tool lain berupa Storage Control untuk menyimpan file unduhan ke kartu memori microSD, serta Clear Cache untuk membersihkan ruang penyimpanan ponsel dari sisa file sementara saat browsing.

Ukuran file instalasi (APK) Firefox Rocket sendiri diklaim terkecil di antara peramban-peramban lain, dengan angka 2,39 MB.  Firefox Rocket kini telah tersedia di toko aplikasi Android Google Playstore, khusus untuk wilayah Indonesia saja.

Bersama dengan Firefox Rocket, Mozilla turut mengumumkan tanggal rilis 14 November untuk browser Firefox Quantum yang dibekali teknologi WebAssembly dan WebVR untuk menjalankan konten Virtual Reality.

Baca juga : Diperbarui, Firefox Diklaim Lebih Kencang dari Google Chrome

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM