Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2017, 18:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber Geek Wire

KOMPAS.com - Meg Whitman mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Hewlett Packard Enterprise (HPE). HPE merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi informasi yang berpusat di Palo Alto, Amerika Serikat.

HPE sendiri adalah pecahan dari perusahaan Hewlett-Packard atau yang umum dikenal dengan HP. Dalam pengumuman tersebut, baik Whitman dan HPE tidak menyebutkan alasan mundurnya Whitman dari posisi CEO HPE.

Jabatan CEO akan dilepas Whitman mulai akhir kuartal berikutnya, yakni pada Februari 2018. Whitman akan digantikan oleh Antonio Neri yang sebelumnya telah menjabat sebagai Presiden HPE. Dengan demikian, Neri akan memangku dua jabatan sekaligus, yakni sebagai CEO dan Presiden HPE.

Whitman telah menjabat sebagai CEO sejak 2011 ketika kedua perusahaan tersebut masih menjadi satu, kemudian dipecah pada 2 November 2015.

Baca juga : Dikabarkan Bakal Jadi CEO Uber, Bos HP Angkat Bicara

Setelah pecah, Whitman didapuk sebagai CEO HPE hingga sekarang. Selama menjadi CEO, Whitman berjasa menstabilkan perekonomian perusahaan setelah mendapat berbagai masalah. Sejak 2015 dalam kepemimpinan Whitman, HPE telah memberikan total pengembalian pemegang saham sebesar 89 persen.

Jejak karir Whitman cukup panjang di dunia teknologi hingga politik. Ia pernah sukses memotori eBay dan juga pernah gagal mencalonkan diri sebagai Gubernur California pada 2010. Whitman juga pernah menjadi salah satu finalis CEO Uber terbuka meskipun dia menolak penunjukan tersebut.

"Selama enam tahun, Whitman telah bekerja keras untuk mengembalikan kestabilan, kekuatan dan kegembiraan di perusahaan ikonik ini", kata ketua direksi HPE, Pat Russo dalam rilis pengunduran diri Whitman.

HPE sempat beberapa kali berpindah haluan. Mereka pernah mencoba untuk mengembangkan layanan komputasi publik sebelum akhirnya menyerah untuk melanjutkannya, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Geek Wire, Kamis (23/11/2017).

Baca juga : Alasan Kesehatan, Petinggi HP Mundur dari Jabatan

Bersamaan dengan pengumuman pengunduran Whitman, HPE juga membukukan laporan pendapatannya yang turun di kuartal terkahir.

Saham HPE jatuh 7 persen dalam after-hours trading (AHT). HPE menjelaskan bahwa sebagian besar pendapatannya di kuartal keempat berasal dari pelayanan finansial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Geek Wire
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com