Ponsel 4G "Zaman Now", Harga 1 Jutaan Anti Lemot - Kompas.com
PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.
PICKME!

Ponsel 4G "Zaman Now", Harga 1 Jutaan Anti Lemot

Kompas.com - 15/02/2018, 19:13 WIB
Ilustrasi InternetThinkstock Ilustrasi Internet

KOMPAS.com – Masih sering kesal karena jaringan internet di ponsel pintar Anda begitu lambat? Coba dicek, mungkin Anda masih menggunakan ponsel dengan jaringan 3G.

Padahal, sejak 2015, teknologi komunikasi 4G atau dikenal juga sebagai Long Term Evolution (LTE) telah masuk ke Indonesia.

Di "zaman now", kebutuhan akan akses internet memang semakin tinggi. Ini terlihat dari ditinggalkannya layanan short message service (sms) untuk berkomunikasi via teks.

Gantinya, orang cenderung menggunakan aplikasi pesan singkat (chat) yang menggunakan data internet. Sebut saja WhatsApp, Line, WE Chat, dan Telegram.

Namun, faktanya belum semua pengguna ponsel memilih perangkat yang mendukung jaringan cepat 4G. Padahal, harga untuk ponsel dengan jaringan ini masih cukup terjangkau. Bahkan, hanya berkisar Rp 1 juta-an, seperti rekomendasi Kompas.com berikut ini.

(Ki-ka) Galaxy J2, J5, dan J7 Prime dirilis dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (18/11/2016)Oik Yusuf/Kompas.com (Ki-ka) Galaxy J2, J5, dan J7 Prime dirilis dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (18/11/2016)

1. Samsung Galaxy J2 Prime
Ponsel keluaran Samsung ini diluncurkan pada Desember 2016 bersama dua produk Galaxy lainnya, yakni Galaxy J5 Prime dan Galaxy J7 Prime. Menyasar kelas menengah, Galaxy Prime J2 menawarkan harga terendah, yakni Rp 1,6 juta.

Dari segi spesifikasi, model Galaxy J2 Prime dibekali jaringan 4G LTE, layar 5 inci (1.280 x 720 piksel), chip Exynos quad-core 1,4 GHz, RAM 1,5 GB, media internal 8 GB, baterai 2.600 mAh, serta kamera utama 8 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

 

Lenovo Vibe K5 dan K5 PlusGSM Arena Lenovo Vibe K5 dan K5 Plus

 

2. Lenovo Vibe K5
Ponsel asal China ini memiliki bodi dengan case berbahan alumunium. Lenovo Vibe K5 dirilis pada 2016, bertepatan dengan perhelatan Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol.

Selain dilengkapi kamera utama 13 megapiksel, ponsel ini juga mengusung kamera depan 5 megapiksel, koneksi 4G LTE, dua slot kartu SIM, speaker Dolby Atmos, chip Qualcomm Snapdragon, baterai 2.750 mAh, RAM 2 GB, dan sistem operasi Android 5.1. Dengan spesifikasi mumpuni ini, Lenovo Vibe K5 dibanderol dengan harga Rp 1,6 juta.

- -

3. Vivo Y53
Vivo menjadi salah satu dari lima merek ponsel paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Vendor asal China ini semakin memantapkan produknya untuk kalangan menengah. Salah satunya lewat seri Y53 yang dihargai Rp 1,8 juta.

Vivo Y53 mengusung Android Marsmallow dengan chip Qualcomm Snapdragon, RAM 2 GB, baterai 2.500 mAh, memori internal 16 GB, dan tentunya jaringan 4G LTE.

Meski kamera utama hanya 8 megapiksel, teknologi Ultra HD yang diusungnya membuat kualitas fotonya sama dengan foto beresolusi 32 megapiksel. Sementara itu, kamera depan Vivo Y53 ini memiliki ketajaman 5 megapiksel.

Oppo A37GSMArena Oppo A37

4. Oppo A37
Menurut data dari lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC), pada kuartal III-2017, pangsa pasar Oppo mengalami peningkatan sebesar 16,7 persen dibandingkan kuartal III-2016. Ini menunjukkan bahwa ponsel buatan China ini juga begitu diminati masyarakat Indonesia.

Lewat seri A37 yang hanya dibanderol dengan harga Rp 1,8 juta, Oppo hadir menyasar kelas menengah. Ponsel berlayar 5 inci ini menawarkan pengalaman kemampuan kamera terbaik, desain yang premium, dan sistem operasi baru ColorOS 3.0.

Oppo A37 mengandalkan chip Snapdragon 410, RAM 2GB, memori internal 16 GB, jaringan 4G, baterai 2.630 mAh, serta kamera utama 8 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

Xiaomi Redmi 4A tipe baruGizmo China Xiaomi Redmi 4A tipe baru

5. Xiaomi Redmi 4A
Diluncurkan pada Februari 2017, Xiaomi merancang seri Redmi 4A dengan bahan plastik yang memang lebih murah dibandingkan logam. Meski begitu, bodi ponsel ini tetap terlihat tebal dengan bentuk kotak dan sudut membulat.

Dibandingkan rekomendasi lainnya, Xiaomi Redmi 4A memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 3.120 mAh. Selain itu, ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 1,8 juta ini juga disokong dengan jaringan 4G, chip Snapdragon 425, RAM 2 GB, serta memori internal 32 GB.

Untuk urusan foto, ponsel tersebut mengusung kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

Jadi, sudah memantapkan hati ingin membeli ponsel 4G yang mana untuk mengatasi keleletan internet Anda?

Agar mendapat harga yang lebih terjangkau, Anda bisa memanfaatkan diskon yang biasanya diberikan oleh toko daring pada momen spesial mereka.

Misalnya, pada Bhinneka.com. Dalam rangka perayaan Ulang Tahun ke-25, situs  ini memberikan potongan 10 persen khusus pembeli yang mencantumkan kode voucer BNK25KPS untuk minimum transaksi Rp 1 juta.

Promo ini berlaku hingga 20 Februari. Syarat dan ketentuan lainnya bisa Anda lihat di tautan berikut.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar