Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Paris Hilton Pamer Powerbank Xiaomi, Pertanda Apa?

Kompas.com - 22/02/2018, 18:17 WIB
Rizky Chandra Septania,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Paris Hilton dikenal sebagai sosialita dengan berderet merek mahal melekat di tubuhnya. Namun pada perhelatan New York Fashion Week (NYFW) 2018 yang dihelat 16 Februari lalu, selebritas satu ini tampak membawa powerbank Xiaomi.

Dalam akun instagramnya, Paris yang mengenakan kacamata hitam berbingkai putih dan atasan kuning berhias berlian Swarovski, tampak berpose sambil memegang powerbank Xiaomi.

"Penyelamat hidup kala #NYFW!!ponselku selalu terisi 100 persen sehingga aku tidak pernah melewatkan momen untuk selfie. Sangat suka dengan #MiPowerBank #PoweredByMi," tulis Paris pada postingannya.

Unggahan foto tersebut tentu saja sempat membuat sebagian orang terkejut. Sebab selama ini Paris digambarkan sebagai sosok yang glamor dan syarat akan kemewahan.

Sedangkan Xiaomi bukanlah produk elektronik kelas atas. Harganya yang ramah di kantong membuat masyarakat kalangan mana pun dapat memilikinya.

Baca juga: Gal Gadot Diangkat Jadi CEO Huawei

Tidak hanya Paris, sejumlah penggiat fashion lain seperti Bryan Boy, Alla Kostromichova,  Krystal Bick, dan Misshattan juga tampak memamerkan hal serupa di kesempatan berbeda.

Bedanya, jika akun Paris hanya menampilkan tagar mengenai kesannya terhadap Xiaomi, akun Bryan Boy sempat memunculkan tautan mengenai powerbank Xiaomi dalam bio di profil Instagramnya. Saat ditelusuri, tautan yang kini sudah dihapus itu terhubung dengan situs jual beli Amazon.

Penampakan Instagram BryanBoyBryanBoy Penampakan Instagram BryanBoy

Spekulasi

Kemunculan Paris Hilton dan sejumlah penggiat fashion lain yang berpose dengan powerbank Xiaomi tentu saja menimbulkan spekulasi.

Sejumlah pengguna media sosial mengira bahwa perangkat tersebut ditampilkan atas keinginan Paris sendiri. Alasannya, hastag #AD yang digunakan sebagai tanda iklan tidak terlihat di postingan Instagram Paris. Namun sebagian lainnya beranggapan bahwa aksi tersebut murni iklan.

Dugaan tersebut semakin kuat lantaran baru-baru ini muncul sebuah akun Instagram Mi USA yang menampilkan foto dari sejumlah penggiat fashion tengah berpose dengan powerbank Xiaomi. Bahkan sebagian dari foto tersebut dijepret dengan apik, sehingga tampak natural.


Beriklan melalui foto Instagram sebetulnya bukanlah strategi pemasaran baru. Sejumlah sosialita sekaligus selebgram seperti Kim Kardarshian bahkan memasang tarif 250.000 dollar AS (sekitar Rp 3,5 miliar ) per satu postingan.

Namun, pada setiap akhiran posting iklan, para selebgram ini selalu menampilkan tagar #AD sebagai pertanda bahwa foto tersebut merupakan unggahan berbayar, seperti dikutip KompasTekno dari Android Authority, Kamis (22/2/2018).

Sampai saat ini, belum ada bukti bahwa Xiaomi membayar Paris Hilton untuk melakukan promosi produknya. Namun jika memang unggahan tersebut merupakan iklan, Xiaomi bisa dituduh melakukan tindakan tidak etis, lantaran tagar #AD tidak ditemukan pada postingan Paris Hilton.

Sebuah Pertanda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com