Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Baterai Jumbo, Samsung Jamin Galaxy Note 9 Aman

Kompas.com - 11/08/2018, 12:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung berani mengklaim Galaxy Note 9 sebagai smartphone “Super Powerful” di dunia. Hal ini berkat spesifikasi andal di semua sektor, salah satunya baterai.

Kapasitas baterai Galaxy Note 9 meningkat signifikan menjadi 4.000 mAh, dari yang sebelumnya cuma 3.300 mAh di Note 8.

Pertanyaannya, apakah baterai jumbo itu aman? Pasalnya, Samsung tercatat memiliki sejarah negatif terkait baterai Galaxy Note 7 yang rentan meledak.

Tim Global Product Planning (GPP) Mobile Business Samsung Electronics, Jade Shin dan Jongho Park, menjamin baterai di Galaxy Note 9 aman 100 persen.

Mereka mengklaim kualitas dan performa baterai jumbo itu sudah melalui rentetan pengujian yang panjang, baik dari internal maupun eksternal.

“Kami sudah lakukan delapan poin pengecekan untuk mengukur performa baterai. Kami juga libatkan pihak ketiga, jadi kami pastikan baterai Galaxy Note 9 sangat aman,” kata Jongho Park.

Tim Global Product Planning (GPP) Mobile Business Samsung Electronics, Jade Shin dan Jongho Park, Kamis (9/8/2018), di New York, AS.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Tim Global Product Planning (GPP) Mobile Business Samsung Electronics, Jade Shin dan Jongho Park, Kamis (9/8/2018), di New York, AS.

Jade Shin menambahkan, timnya sangat hati-hati sebelum menggodok produk baru untuk seri Galaxy.  Ia mengindikasikan kepercayaan masyarakat sangat penting dan Samsung tak ingin mengecewakan penggunanya.

“Setiap kami mengembangkan produk, fiturnya satu per satu pasti dicek berkali-kali. Kami yakin yang terjadi sebelumnya (insiden Galaxy Note 7 meledak) tidak akan terjadi lagi,” Jade Shin menuturkan.

Baterai jumbo pada Galaxy Note 9 memiliki konsekuensi terhadap desain flagship tersebut. Dibandingkan pendahulunya, lini teranyar ini lebih tebal 0,2 mm.

Kendati begitu, Jongho Park berdalih penambahan ketebalan itu tak akan terasa ketika pengguna menggenggam Galaxy Note 9. Hal ini berkat modifikasi desain sedemikian rupa.

Baca juga: Fungsi Baru S Pen Galaxy Note 9, Tombol Selfie dan Pengontrol Presentasi

Galaxy Note 9 hadir dengan beberapa fitur andalan, mencakup S Pen berkoneksi Bluetooth yang kaya fungsi, kamera berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk lebih memahami objek, asisten digital Bixby yang semakin cerdas, serta DeX yang sudah tersemat sebagai aplikasi bawaan.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Note 9 di Indonesia

Performanya pun mumpuni dengan kapasitas RAM dan memori hingga 8GB/512GB, prosesor Snapdragon 845 atau Exynos 9810, serta penambahan software semacam AI-core dan cooling system. (Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Note 9)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com