Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waze di iPhone Kini Dukung "Siri Shortcut"

Kompas.com - 15/02/2019, 12:11 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Layanan navigasi milik Google, Waze, baru saja diperbarui dengan fitur "Siri Shortcut" untuk pengguna perangkat iOS.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa merekam sebuah perintah untuk melakukan navigasi ke tempat favorit, atau yang sering dikunjungi tanpa harus membuka Waze.

"Siri Shortcut" sendiri merupakan fitur terbaru dari Apple yang hadir di iOS versi 12. Sejatinya, "Siri Shortcut" merupakan fitur asisten digital Siri yang memungkinkan pengguna membuat pintasan suara sendiri untuk melakukan pengoperasian aplikasi tanpa harus membukanya.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan "Siri Shortcut" di Waze? Simak langkah berikut.

Pertama, pengguna harus menyimpan terlebih dahulu destinasi favorit atau yang sering dikunjungi, bisa rumah, tempat kerja, atau tempat berlibur.

Baca juga: Cara Menghindari Rute Ganjil-Genap dengan Google Maps dan Waze

Untuk menyimpan tempat, buka aplikasi Waze di iPhone. Lalu, pilih ikon "search" pada bagian kiri bawah aplikasi. Setelah itu, pilih tab "Favorites". Kemudian, pilih menu "Add new favorite" untuk menambahkan destinasi yang diinginkan.

Ilustrasi tampilan tambah tempat favorit di WazeCNBC Ilustrasi tampilan tambah tempat favorit di Waze

Setelah menambah tempat favorit pada daftar "Favorites", pengguna kemudian bisa mengatur perintah yang bakal digunakan untuk "Siri Shortcut".

Untuk mengatur "Siri Shortcut", buka aplikasi Waze, lalu pilih ikon "search" pada bagian bawah aplikasi. Kemudian, pilih "Settings" yang terletak pada bagian kiri atas tampilan menu "search".

Setelah itu, pilih "Voice and sound", dan pilih "Siri Shortcuts". Di sini, pengguna bisa memilih tempat favorit yang tersimpan sebelumnya dan mengintegrasikan tempat tersebut dengan pintasan suara "Siri Shortcuts".

Ilustrasi merekan suara Siri Shortcuts pada WazeCNBC Ilustrasi merekan suara Siri Shortcuts pada Waze

Untuk merekam pintasan, pilih tempat favorit yang sudah disimpan, misal tempat kerja (kantor). Kemudian, rekam suara pintasan yang pengguna ingin, misal "pergi ke kantor", lalu tekan "Done".

Nantinya, ketika pengguna mengatakan "Hey Siri, pergi ke kantor" kepada asisten digital Siri, maka perangkat akan otomatis menunjukkan rute terbaik untuk mencapai kantor dengan aplikasi Waze tanpa harus membuka aplikasi tersebut. 

Siri juga tak akan membuka Apple Maps jika pengguna melakukan hal ini lantaran perintah "Siri Shortcuts" khusus Waze sudah dikenali oleh Siri.

Meski begitu, perlu dicatat, untuk menikmati fitur ini, pengguna perangkat iOS harus memperbarui aplikasi Waze mereka dengan versi terbaru di App Store, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Jumat (15/2/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com