Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tampilan Mode Gelap di iOS 13

Kompas.com - 02/06/2019, 09:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Gelaran konferensi developer Apple atau WWDC 2019 tinggal menghitung hari di awal pekan depan. Kuat dugaan iOS 13 akan dirilis dalam acara ini. Salah satu fitur yang paling ditunggu dari iOS 13 adalah mode gelap atau dark mode.

Indikasi mode gelap di iOS 13 semakin kuat kala Apple menyebar undangan WWDC dengan nuansa warna gelap biru navy. Penampakan mode gelap di iOS 13 pun belakangan sudah beredar.

Rupanya, alih-alih biru navy, warna yang diusung dalam tangkapan layar dark mode di iOS 13 lebih condong ke warna hitam pekat yang tampak lebih apik di panel OLED. Hal itu tampak pada tangkapan layar mode gelap di menu musik.

Baca juga: Apple Rilis iOS 12.3, Apa Saja Fitur Barunya?

Mode gelap iOS 13 kabarnya akan bisa diaktifkan melalui aplikasi "Setting" atau opsi "Control Center" untuk jalan pintas. Salah satu efek perubahan mode gelap terlihat di bagian dock, deretan aplikasi yang ada di bawah layar.

Aplikasi-aplikasi tersebut dikelilingin background dengan warna gelap yang lebih terang. Kemungkinan, Apple akan menyediakan wallpaper lain yang lebih cocok dengan mode gelap.

Mode gelap memang menjadi favorit belakangan ini. Selain dianggap lebih di mata, mode ini juga bisa menghemat daya, khususnya untuk panel OLED karena layarnya tidak perlu banyak mengonsumsi listrik untuk menyinari piksel yang gelap.

Baca juga: Agar Baterai Android Lebih Irit, Aktifkan Mode Tampilan "Dark Mode"

Perubahan lain di iOS 13 ditemukan saat melakukan tangkapan layar. Saat mengambil foto dari layar, wallpaper akan berubah menjadi blur dan di bawahnya terdapat deretan alat editing gambar yang lebih jelas.

Desain yang sama juga akan disematkan di iPad dengan background putih yang membulat di sudut kanan dan kiri. Di iPad, alat edit tersebut bisa digeser ke seluruh permukaan layar.

Perubahan lebih besar juga ditemukan di aplikasi Reminders. Sidebar aplikasi tampak lebih luas dengan beberapa ikon menu seperti "Today", "Scheduled", "Flagged", dan "All" yang terpisah. Di sisi atas terdapat kolom pencarian dan daftar pengingat pengguna.

Perombakan desain aplikasi Reminders di iOS 139to5Mac Perombakan desain aplikasi Reminders di iOS 13

Jenis huruf (font) yang digunakan adalah SF UI yang diperkenalkan Apple pada iOS 12.2. Selain di iOS 13, perombakan desain Reminders ini akan hadir di mcOS 10.15.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Minggu (2/6/2019), aplikasi Find My Friends dan My iPhone juga dipadukan menjadi "Find My". Aplikasi ini telah mendapat peningkatan fitur yang signifikan di iPad.

Baca juga: Daftar Aplikasi yang Terbanyak Diunduh di Android dan iOS

Misalnya saja, peta berukuran besar yang memenuhi layar ponsel dengan jendela kecil di sudut layar. Jendela tersebut berisi daftar kontak keluarga dan teman-teman pengguna serta tab lainnya. Saat mode gelap diaktifkan, peta juga akan ikut berubah warna menjadi gelap.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, iOS 13 kemungkinan akan meluncur saat WWDC 2019 pada 3-7 Juni besok di San Jose, Amerika Serikat. Program beta gelombang pertama kemudian akan segera hadir tak lama setelah rilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com