Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Game "PUBG Mobile" dan "Call of Duty" di Galaxy Note 10 Plus

Kompas.com - 05/10/2019, 14:18 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung merilis duo Galaxy Note 10 pada awal Agustus lalu. Ponsel tersebut dibekali dengan segudang fitur andalan beserta peningkatan spesifikasi dari generasi pendahulunya.

Bgaimana performa Galaxy Note 10 Plus ketika diuji coba untuk bermain game "berat" yang rakus sumberdaya ponsel? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, KompasTekno menjajal dua game populer, yaitu PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile.

Sebagai catatan, KompasTekno menjajal kedua game ini menggunakan Galaxy Note 10 Plus dengan varian RAM 12 GB dan storage 256 GB.

Baca juga: Aplikasi Android Galaxy Note 10 Bisa Dibuka di MacBook, Begini Caranya

Berdasarkan uji coba yang dilakukan KompasTekno, Jumat (4/10/2019), secara garis besar, game PUBG Mobile bisa berjalan dengan lancar dan mulus tanpa adanya lag atau stuttering di Galaxy Note 10 Plus.

Secara default, game PUBG Mobile di Galaxy Note 10 Plus bisa dimainkan dengan pengaturan tingkat performa dengan kategori "High", atau lebih tepatnya setting kualitas grafis "HDR" dengan frame rate "Ultra".

Baca juga: 10 Fitur Unik dan Menarik di Kamera Galaxy Note 10

Apabila menginginkan frame rate lebih tinggi lagi, layaknya ponsel flagship lain, Galaxy Note 10 Plus pun sanggup menjalankan PUBG Mobile dengan FPS "Extreme" di setting grafis "Smooth".

Performa Galaxy Note 10 Plus dalam game ini mirip dengan pendahulunya, Galaxy Note 9, yang memang sudah berkinerja tinggi.

Ilustrasi menu tampilan grafis PUBG Mobile di Galaxy Note 9 (atas) dan Galaxy Note 10 Plus (bawah)KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi menu tampilan grafis PUBG Mobile di Galaxy Note 9 (atas) dan Galaxy Note 10 Plus (bawah)

Setelah KompasTekno memainkan PUBG Mobile di Galaxy Note 10 Plus selama kurang lebih satu jam, punggung ponsel menjadi terasa sedikit lebih hangat dibandingkan kondisi di satu jam sebelumnya. 

Meski begitu, hal tersebut tak mengurangi performa PUBG Mobile di ponsel ini. Game masih bisa dimainkan dengan lancar tanpa adanya hambatan.  

"Ngebut" di game Call of Duty Mobile

Sedikit berbeda dari PUBG Mobile, di game Call of Duty Mobile yang baru dirilis, kinerja Galaxy Note 10 Plus terbilang lebih tinggi dari Galaxy Note 9.

Baca juga: Beda Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 10, Saatnya Ganti?

Perangkat pendahulunya itu hanya sanggup menjalankan Call of Duty Mobile dengan setting frame rate "Very High", sementara Galaxy Note 10 Plus setingkat lebih tinggi dengan pengaturan FPS di opsi "Max".

Ilustrasi menu settingan grafis di Call of Duty Mobile di Galaxy Note 9 (atas) dan Galaxy Note 10 (bawah)KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi menu settingan grafis di Call of Duty Mobile di Galaxy Note 9 (atas) dan Galaxy Note 10 (bawah)

Kendati begitu, kualitas gambar yang ditampilkan tetap sama, yaitu "Very High". Kualitas grafis Call of Duty mobile lebih kompleks dan sedap dipandang ketimbang PUBG Mobile. Namun game ini tetap berjalan dengan sangat lancar di Galaxy Note 10 Plus tanpa lag ataupun penurunan kinerja.

Meski demikian, ketika KompasTekno memainkan game tersebut selama kurang lebih satu jam, punggung ponsel terasa hangat, sedikit lebih hangat dibandingkan kondisi ketika bermain PUBG Mobile dalam durasi waktu yang sama.

Baca juga: Selisih Harga Rp 5 Juta, Ini Beda Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Dalam kondisi ini, di beberapa scene di dalam game, misalnya ketika bertemu dengan segerombolan musuh dan berperang secara massal, ada sedikit stuttering yang durasinya tak lebih dari satu detik. Setelah lewat dari scene tersebut, game akan kembali berjalan dengan mulus.

Galaxy Note 10 Plus bisa memainkan game-game berat yang telah diuji coba tadi tanpa hambatan lantaran memang dibekali dengan hardware papan atas terkini dari Samsung.

Dari segi "jeroan", duo Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus versi Indonesia dibekali dengan System-on-Chip (SoC) terbaru, yaitu Exynos 9825, dengan delapan inti CPU.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Kedelapan inti prosesor ini terdiri dari dua prosesor performa tinggi Mongoose M4 dengan kecepatan 2,73 GHz, dua prosesor standar Cortex-A75 berkecepatan 2,24 GHz, serta empat prosesor hemat daya Cortex-A55 berkecepatan 1,9 GHz.

Pengolah grafis (GPU) yang digunakan oleh Exynos 9825 adalah Mali-G76 MP12. Galaxy Note 10 Plus turut dibekali RAM hingga 12 GB, serta memori internal hingga 512 GB yang bisa diperluas dengan kartu micro SD hingga 1 TB.

Simak juga video perjalanan KompasTekno ke Tokyo Game Show 2019, bersama Samsung Galaxy Note 10, menjajal game-game baru, https://www.youtube.com/watch?v=wl-Km8EmbY4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com