Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Duo Sekarang Bisa Video Call 32 Orang Sekaligus

Kompas.com - 18/06/2020, 16:13 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah platform panggilan video (video call) meningkatkan jumlah partisipan yang bisa ditampung dalam satu ruangan virtual, tak terkecuali Google Duo.

Layanan telekonferensi besutan Google tersebut kini sanggup menampung hingga 32 peserta sekaligus lewat versi web yang bisa diakses lewat peramban.

"Salah satu fitur yang paling banyak diminta untuk Duo, yakni group calling via web hingga 32 orang, mulai digulirkan ke versi terakhir Chrome," ujar Senior Director of Product Management Google, Sanaz Ahari, dalam kicauannya di Twitter.

Baca juga: Google Duo Kini Bisa Kirim Link Undangan Meeting Mirip Zoom

Google Duo sebelumnya hanya sanggup menampung peserta maksimal sebanyak 12 orang. Perlu ditambahkan bahwa jumlah 32 orang untuk sekarang baru didukung di Duo versi web di Chrome. Duo platform lain seperti Android masih mentok di angka maksimal 12 peserta.


Untuk melakukan telekonferensi lewat peramban, pengguna terlebih dahulu harus melakukan login ke akun Duo. Setelahnya, pengguna bisa langsung menekan tombol "Create group" yang terletak di bawah tombol "Start a call".

Baca juga: Google Duo Punya Fitur Baru Mirip Instagram Stories

Duo menampung banyak peserta sekaligus dengan tampilan bergaya tiles yang mencampur orientasi portrait dan landscape. Masing-masing bingkai video ditampilkan dengan sudut membulat, seperti terlihat dalam gambar di bawah.

Tampilan Google Duo versi webGoogle Tampilan Google Duo versi web

Meski sudah bertambah banyak, jumlah peserta maksimal di Google Duo masih berada di bawah kompetitor seperti Skype yang bisa menampung 50 orang, atau Zoom yang sanggup menangani 100 peserta sekaligus.

Baca juga: Google Meet Bisa Diakses Lewat Gmail Android dan iOS

Selain Duo, Google juga menawarkan layanan telekonferensi lain bernama Meet yang lebih ditujukan untuk lingkungan profesional di perusahaan.

Google pun belakangan rajin memperbarui Meet agar bisa bersaing dengan penyedia layanan sejenis di kala banyak orang bekerja dari rumah karena pandemi Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com