Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Error, Layanan Gmail Mulai Pulih

Kompas.com - 20/08/2020, 17:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pengiriman surat elektronik, Gmail sudah kembali pulih. Pengguna kini sudah bisa lagi melampirkan file di fitur attachment (lampirkan) dalam pengiriman e-mail.

Tim teknisi Google memberikan informasi terbaru soal pemulihan ini di laman G Suite Dashboard pada pukul 16.40 WIB.

"Layanan Gmail telah pulih untuk beberapa pengguna, kami berharap pemulihan untuk semua pengguna dalam beberapa waktu ke depan," tulis tim teknis Google.

KompasTekno telah mencoba melampirkan file di Gmail, hasilnya layanan memang sudah kembali normal. Pun halnya dengan layanan Google Drive yang kini sudah bisa mengunggah file.

Baca juga: Layanan Gmail, Google Drive, dan YouTube Dilaporkan Tumbang di Berbagai Negara

Sebelumnya dilaporkan bahwa beberapa layanan Google, seperti Gmail, Google Drive, Meet, dan YouTube mengalami gangguan server. Pengguna Meet dilaporkan mengalami gangguan saat merekam video konferensi dan pengguna YouTube mengeluhkan proses upload video yang eror.

Namun untuk layanan Meet dan YouTube, belum ada informasi baru dari pihak Google. Gmail error mulai dilaporkan pada Kamis (20/8/20) siang.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Google menyadari adanya gangguan sekitar pukul 10.30 PST (12.30 WIB).

Setengah jam kemudian, tim Google mulai memberikan pembaruan informasi. Di laman monitoring layanan online DownDetector, laporan Gmail eror memuncak sekitar pukul 12.26 WIB.

Baca juga: Begini Cara Membuat Signature di Gmail

Gangguan dialami sejumlah negara seperti India, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Indonesia. Banyak pengguna Gmail mengeluhkan gangguan ini di Twitter.

Kebanyakan adalah pengguna dari luar Indonesia. Di Indonesia sendiri, tumbangnya sejumlah layanaan Google tidak terlalu ramai dibicarakan mengingat bertepatan dengan hari libur nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com